Home Article Lontong Balap, Menu Segar di Siang Hari

Idnews.co.id @
4765
Posted Image

SURABAYA, Penggemar makanan lontong, pasti tidak asing dengan nama menu Lontong Balap. Makanan khas Kota Pahlawan ini sangat pas, jika disantap siang hari, apalagi ditemani minuman es kelapa muda.

Lontong Balap diracik dengan kuah bumbu petis dan sayur toge. Irisan tahu goreng, lentho, dan sate kerang bumbu kecap manis, adalah item tambahan yang biasa disajikan dengan Lontong Balap.

"Biar ada rasa gurihnya, irisan bawang goreng bisa ditaburi lebih banyak," kata penjual Lontong Balap di kawasan Ahmad Yani Surabaya, Nuryati, Senin (21/1/2013).

Sambil melayani pembeli, Ibu empat anak ini sedikit menceritakan asal usul nama Lontong Balap. Kata dia, Lontong Balap memang asli Surabaya. Dulu, penjual makanan ini berkeliling kampung dengan membawa dua gentong berisi kuah dan lontong denga bentuk segitiga yang khas.

Sambil berjalan cepat seperti sedang balapan, mereka berteriak menjajakan makanannya. "Karena itu sampai sekarang terkenal dengan Lontong Balap", katanya.

Namun, penjual lontong balap seperti itu sekarang sudah tidak dijumpai. Mereka lebih memilih menjajakan makanannya dengan membawa rombong, dengan alasan mungkin lebih efektif, daripada membawa beban berat di pundak.

Penjual lontong balap yang namanya sudah terkenal, bahkan lebih memilih tempat khusus di pinggir jalan. Di Surabaya selain di kawasan Jalan Ahmad Yani, penjual Lontong Balap juga tersebar di beberapa kawasan seperti di Jalan Sukomanunggal, di kawasan Pasar Blauran di Jalan Kranggan, di kawasan Waru (perbatasan Surabaya-Sidoarjo), di Jembatan Merah, dan beberapa tempat lainnya.
comments powered by Disqus