Home Article BIQ House: Bangunan Pertama di Dunia yang Menggunakan Ganggang Sebagai Sumber Listriknya

Idnews.co.id @
11322
Posted Image

BIQ House adalah bangunan pertama di dunia yang menggunakan ganggang hijau (algae) sebagai sumber listriknya.

Posted Image

Bangunan BIQ yang merupakan kerjasama antara Splitterwerk, Arup dan SSC ini diharapkan akan menjadi tolak ukur untuk sebuah bangunan masa depan yang ramah lingkungan.

Posted Image

Algae (ganggang) sendiri memang bukanlah hal baru dalam hal digunakan sebagai salah satu sumber untuk menghasilkan listrik (bio-diesel) tetapi BIQ House menggunakannya juga untuk sebagai penahan panas agar gedung di dalamnya tetap sejuk.

Posted Image

Rahasianya ada pada jendela khusus yang mirip sebuah kotak dimana di dalamnya diisi dengan ganggang dimana ganggang ini akan terus tumbuh dan akhirnya akan menutupi sinar matahari yang akan masuk ke dalam gedung.

Posted Image

Jendela tersebut juga bisa berfungsi sebagai penyerap panas dan panas tersebut nantinya bisa disalurkan ke hal lain seperti memberikan panas ke tangki air (panas) atau tempat lainnya yang butuh pemanasan.

Posted Image

Pada akhirnya, ganggang yang akan berkembang (tumbuh) sangat cepat karena adanya sinar matahari yang cukup nantinya kelebihan ganggang akan dipindah ke mesin konversi yang akan mengubah ganggang menjadi sumber listrik atau disebut dengan bio-diesel.

Posted Image

Listrik yang dihasilkan inilah yang akan memenuhi kebutuhan listrik di gedung BIQ sehingga BIQ House ini tidak butuh listrik dari PLN. :D

Posted Image

Sumber: otakku.com

Idnews: http://idnews.co.id/...how/vChhTKlGPCc
Source: http://ingetaku.com/...how/vChhTKlGPCc
Download: http://ingetaku.com/...oad/vChhTKlGPCc
Youtube: http://www.youtube.com/watch?v=vChhTKlGPCc
comments powered by Disqus