Home Article Banyuwangi: Disbudpar Matangkan Persiapan BEC 2013

Idnews.co.id @
7605
Posted Image
BANYUWANGI - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi terus mematangkan persiapan Banyuwangi Ethno Carnival (BEC) 2013 yang bertemakan The Legend of Kebo-Keboan Blambangan yang digelar pada 7 September.

"Ada nilai lebih dalam BEC kali ini, yakni mulai meningkatnya nilai partisipasi masyarakat. Dari audisi pertama atau jalur mandiri yang diadakan 17 Juni lalu saja sudah ada 94 orang yang lolos, ditambah dari jalur sekolah, total jumlah peserta bahkan telah melebihi kuota yang ditetapkan. Dari 150 orang yang ditetapkan, kali ini telah menembus angka 200 orang", Ujar Plt Kepala Disbudpar Banyuwangi, Mohammad Yanuarto Bramuda.

"Selain itu, keterlibatan para pelajar dalam even yang menggabungkan antara unsur tradisional dengan modernitas ini akan menjadi catatan prestasi non akademik bagi Dinas Pendidikan", Kadispendik Banyuwnagi Sulihtiyono, seperti dilansir laman banyuwangikab.

Bahkan Sulihtiyono berjanji, meski mereka akan sering meninggalkan sekolah untuk fokus dalam kegiatan ini, mereka tetap akan mendapatkan perhatian khusus. Salah satunya tetap bisa mendapatkan pelajaran, dengan jadwal pelajaran yang schedule-nya akan diatur kemudian.

Karena workshop ini bertepatan dengan puasa Ramadhan, jadwalnya juga akan diatur sedemikian rupa sehingga tidak mengganggu ibadah puasa yang dijalankannya. Misalnya, koreografi akan dilakukan pada sore hari untuk menghindari peserta tidak terlalu capek atau haus.

Persiapan yang kini dilakukan adalah technical meeting bersama peserta. Kegiatan technical langsung dibagi menjadi 3 kelompok sesuai sub tema, yakni Kebo Geni, Kebo Bayu Tirto dan Kebo Bumi.

Nantinya secara bergiliran masing-masing kelompok akan mengikuti workshop selama 3 hari untuk belajar langsung mendesain kostum yang akan dikenakan, seni me-make up diri sendiri, pendalaman terhadap karakter tiap - tiap tokoh, dan koreografi.

From: wartapedia.com
comments powered by Disqus