Home Article KEMENDAG : Impor Cabe Gunakan Basis Harga Referensi

Idnews.co.id @
9873
Posted Image

JAKARTA - Salah satu dari dua ketentuan baru terkait impor yang dikeluarkan oleh Kementerian Perdagangan RI yaitu Impor Produk Hortikultura.

Ditegaskan bahwa importasi komoditas bawang merah segar untuk konsumsi dan cabe akan dilakukan dengan menggunakan harga referensi, hal ini untuk menjaga stabilitas harga kebutuhan pokok.

"Jika harga bawang merah dan cabe berada di bawah harga referensi, maka impor kedua komoditas tersebut ditunda sampai harga kembali mencapai harga referensi. Sebaliknya jika harga kedua komoditas tersebut telah melampaui harga referensi, maka akan dipertimbangkan untuk importasi guna memastikan pasokan di pasar", kata Gita Wirjawan di Jakarta, Selasa (3/9).

Harga referensi, menurut Mendag, akan ditetapkan oleh Tim Pemantau Harga Produk Hortikultura yang anggotanya dibentuk oleh Menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang perdagangan dan terdiri dari unsur instansi terkait.

"Harga referensi bawang merah dan cabe ini dapat dievaluasi sewaktu - waktu oleh Tim Pemantau Harga tersebut", ujarnya, seperti dilansir laman kemendag.

Kemudian, pengajuan ijin impor produk hortikultura menggunakan sistem periodisasi per semester, dengan masa berlaku Persetujuan Impor selama enam bulan.

Khusus untuk bawang merah dan cabe, permohonan Persetujuan Impor Produk Hortikultura dapat diajukan sewaktu - waktu dengan masa berlaku Persetujuan Impor selama tiga bulan.

Selanjutnya, kewajiban untuk melakukan realisasi impor produk hortikultura paling sedikit 80% dari Persetujuan Impor dalam setiap periode sebagaimana tercantum dalam Persetujuan Impor.

"Kita pantau dan evaluasi terus, jika importir tidak melaksanakan kewajiban untuk melakukan impor produk paling sedikit 80% dari Persetujuan Impor dalam setiap periode sebagaimana tercantum dalam Persetujuan Impor, maka IT Produk Hortikulturanya dapat dibekukan", ujar Mendag.

From: wartapedia.com
comments powered by Disqus