jajanan buka puasa. Foto: Kumparan

IDNews.co.id – Saat bulan Ramadhan tiba, beberapa orang berjualan takjil atau minuman dan makanan untuk berbuka puasa.

Bulan suci ini memang memberikan kesempatan usaha untuk siapapun yang menginginkan mulai berusaha kuliner. Tak heran, jika beberapa orang mengadakan lapak jualan jajanan di tepi jalan selama Ramadhan.

Untuk Anda yang tertarik untuk berjualan jajanan untuk berbuka puasa, baiknya Anda jual jajanan yang biasanya paling laku. Asalkan enak dan Anda menjualnya ditempat yang strategis, pastinya akan beberapa orang yang beli.

Nah, tersebut sebagian jajanan baik itu minuman dan makanan yang sesuai dipasarkan selama bulan puasa Ramadhan.

10 Jajanan Buka Puasa yang Dipasarkan Saat Ramadhan

1. Kue Klepon

Kue klepon berupa bulat dan terbuat dari tepung ketan. Di dalamnya di isi gula merah yang akan merasa meleleh di mulut saat digigit.

Belum juga parutan kelapa yang melapisinya buat kue ini merasa makin nikmat. Cocok untuk berbuka puasa sembari minum secangkir teh.

2. Kue Lapis Sagu

Kue lapis sagu memiliki dua warna atau lebih cocok selera pembuatnya. Tak cuma penampilannya yang cantik, tapi rasanya juga manis dengan struktur yang kenyal.

Kue memiliki bahan basic tepung sagu ini dipadukan dengan santan kelapa, vanili, gula pasir, dan sedikit garam. Lalu dibuat dengan cara dikukus.

3. Kue Putu Mayang

Putu mayang yaitu kue khas Betawi. Jenis kue basah ini terbuat dari olahan tepung kanji atau tepung beras dengan penampilan seperti gulungan mie.

Agar lebih nikmat, jajanan buka puasa ini dibasahi dengan gula merah dan santan. Terkadang, ditambah dengan juga taburan kelapa supaya lebih gurih.

4. Kue Putu Bambu

Sesuai namanya, kue putu bambu menggunakan cetakan bambu saat membuatnya. Tapi jika tidak ada, Anda dapat menggunakan cetakan berbahan alumunium.

Jajanan khas nusantara ini terbuat dari tepung beras, gula merah, dan parutan kelapa. Merasa gurih, walau teksturnya ringkih. Namun, begitu nikmat untuk berbuka puasa.

5. Kue Risol

Kue risoles atau risol yaitu satu diantara jajanan tradisionil paling popular. Kue ini kerap disuguhkan di beragam acara. Apalagi saat bulan puasa, kue ini makin banyak di cari.

Kue risol biasanya berupa segitiga atau persegi panjang dan memiliki isian yang beragam. Ada yang di isi ayam, sayur wortel, sampai saus mayones.

6. Kue Lemper Ayam

Kue lemper jadi makanan ringan buka puasa untuk beberapa orang yang belum pernah mengonsumsi makanan berat. Kue ini cukup buat kenyang hingga sesuai untuk mengganjal perut yang lapar.

Jajanan buka puasa ini terbuat dari beras ketan dan isian ayam suwir. Memang supaya ribet dalam membuatnya, tapi begitu sesuai untuk dipasarkan karena beberapa orang yang mencarinya.

7. Es Susu Kacang Hijau

Bubur kacang ijo mungkin sudah umum. Cobalah saja buat es susu kacang ijo yang lebih kaya rasa untuk memanjakan lidah saat berbuka puasa.

Membuatnya juga cukup mudah. Rebus kacang hijau dengan daun pandan sampai empuk. Tambahkan air gula merah, lalu hidangkan dengan santan dan es batu. Kemudian, tuang susu kental manis di atasnya.

8. Kolak Pisang Ubi

Kolak di isi pisang dan ubi singkong yaitu makanan pembuka yang kerap dihidangkan saat berbuka puasa. Terkadang, berisi juga dapat ditambah kolang-kaling, buah nangka, dan yang lain.

Agar nikmat, Anda mesti pintar pilih pisang. Tentukan yang teksturnya tidak mudah luntur saat di rebus, seperti pisang kepok kuning dan pisang tanduk.

9. Bubur Candil

Bubur candil yaitu makanan simpel untuk berbuka puasa. Harganya lantas murah dan cukup mengenyangkan, hingga banyak di cari oleh beberapa orang.

Bubur sagu ini di isi bola-bola dari tepung ketan dan air gula merah. Bubur manis yang merasa gurih dan nikmat dengan dibarengi kuah santan yang kental.

10. Es Cendol

Es cendol atau es dawet yaitu minuman fresh tradisionil sebagai favorit banyak keluarga. Minuman khas Bandung dan Banjarnegara yang sudah jadi kegemaran di mana-mana.

Cendol atau dawet terbuat dari tepung beras dan hunkwee, lalu ditambah dengan pewarna makanan berwarna coklat atau hijau. Sementara kuahnya terbuat dari air rebusan santan dan gula merah yang ditambah daun pandan supaya wangi. (ndi)

LEAVE A REPLY