Masalah pernapasan biasa terjadi pada kehamilan, tetapi biasanya  tidak menjadikan duduk kasus serius. Namun, apakah Anda mempunyai duduk kasus pernapasan yang sepertinya lebih jelek daripada hanya mengi?

Jika Anda menderita asma, mungkin duduk kasus akan sedikit lebih serius bila penyakit Anda kambuh. Asma yaitu penyakit paru yang ditandai dengan berkurangnya kemampuan bernapas. Hal ini terjadi ketika udara masuk dan keluar dari paru-paru terhalang di jalan masuk udara. Saluran udara yang lebih kecil dan lebih besar sanggup terhalang oleh peradangan di jalan masuk napas, akumulasi lendir, pengetatan otot, dan iritasi di jalan masuk napas.

Asma bisa akut atau kronis pada kehamilan. Gejala asma biasanya disertai sesak dada, sesak napas, mengi, dan batuk.

Obat Alami untuk Mengobati Asma Selama Kehamilan

Meskipun ada beberapa obat untuk menyembuhkan asma pada kehamilan, ada kekhawatiran terus-menerus akan imbas samping yang dimiliki obat asma. Obat asma umumnya menghipnotis sistem kekebalan badan dan sistem endokrin sehingga tidak dianjurkan selama kehamilan. Untuk menyembuhkan asma secara alami tanpa imbas samping, ada banyak pengobatan di rumah yang kondusif dan efektif.

Madu
Madu yaitu zat penyembuhan yang mengandung sifat anti kuman dan anti-inflamasi. Ini membantu menghilangkan kuman penyebab batuk pada asma dan juga mencegah peradangan yang memicu serangan asma. Madu juga merupakan sistem penguat kekebalan alami yang menciptakan Anda tetap sehat selama kehamilan.

Madu sanggup dikonsumsi secara oral atau terhirup melalui jalan masuk hidung. Konsumsi  satu sendok teh madu mentah tiga kali sehari atau bersama dengan jus jahe dan bawang putih. Anda juga bisa menghirup aroma madu di dalam toples. Sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri membantu membersihkan jalan masuk udara dan memungkinkan pernapasan mudah.

Baca juga : Pengobatan untuk Kulit Gatal Saat Hamil

Jahe
Jahe yaitu obat terkenal dan kondusif yang bisa dipakai selama kehamilan. Hal ini diketahui menghambat kontraksi jalan masuk napas dan mengurangi peradangan. Jahe bisa dikonsumsi pribadi dengan air atau dicampur dengan komponen menyerupai madu, jus delima, dan fenugreek.

Jahe bisa dikonsumsi dalam ramuan jahe, madu dan jus delima. Untuk detoksifikasi paru-paru, biji fenugreek direbus dalam air. Ramuan ini bisa dikonsumsi dengan jahe dan madu, merupakan obat yang efektif untuk mengurangi tanda-tanda asma pada kehamilan. Jahe sama efektifnya bila dikonsumsi pribadi atau bersamaan dengan air sebelum tidur setiap hari.

Tin atau Buah Ara
Buah Ara tidak hanya lezat tapi juga mempunyai banyak manfaat gizi. Buah ara bisa membantu membantu meningkatkan kesehatan pernafasan ketika hamil dengan mengeringkan dahak dan membuka jalan masuk napas yang tersumbat.

Rendam beberapa buah ara ke dalam air semalam. Buah ara yang direndam dan airnya bisa diminum pada ketika perut kosong di pagi hari.

Kunyit
Kunyit dikenal dengan sifat anti-inflamasi dan anti-oksidan. Ini yaitu obat yang sangat baik untuk mengobati asma dan mengi pada kehamilan. Kandungan kurkumin yang ada dalam kunyit mengandung khasiat anti-inflamasi yang mengurangi peradangan di jalan masuk udara dan menghilangkan penyumbatan untuk bernafas dengan benar.

Tambahkan ½ sendok teh bubuk kunyit pada air hangat atau susu dan minum setiap pagi dan malam ketika Anda menderita serangan asma. Kunyit membantu meringankan tanda-tanda asma dan memberi Anda kelegaan pada kehamilan.

Minyak Eucalyptus
Sementara Anda mencari obat yang kondusif untuk menyembuhkan asma selama kehamilan, pastikan untuk tidak melewatkan minyak kayu putih. Minyak Eucalyptus membantu membersihkan jalan masuk udara dan mengendalikan asma.

Tambahkan beberapa tetes minyak kayu putih ke air mendidih dan hirup uapnya. Asap pribadi membersihkan jalan masuk udara dan memberi kelegaan. Minyak kayu putih juga bisa disemprot di atas bantal ketika Anda tidur dan di serbet . Hirup uap dari waktu ke waktu ketika Anda menghadapi kesulitan bernafas.

Bawang
Bawang merupakan obat lain yang efektif untuk mengobati asma dan tanda-tanda yang ada. Bawang mempunyai sifat inflamasi yang mengurangi penyumbatan di jalan masuk napas. Selain itu, kandungan sulfur pada bawang mengurangi peradangan di paru-paru.

Anda bisa makan bawang mentah sebelum makan untuk mengurangi mengi dan menjernihkan jalan masuk udara. Jika Anda tidak menyukai bawang mentah, cobalah makan yang dimasak untuk mengurangi tanda-tanda asma.

Biji Carom (Ajwain)
Meski kurang dikenal, biji carom merupakan obat yang efektif untuk mengobati asma. Biji Carom melebarkan tabung bronkus paru-paru dan membersihkan jalan masuk udara biar gampang bernafas

Rebus biji carom di air dan hirup uapnya. Anda juga bisa membungkus segenggam biji karot panas dengan lap dan letakkan di dada dan leher Anda. Biji carom bisa diparut bersama dengan jaggery dan dimakan setiap hari untuk mendapat dukungan dari tanda-tanda asma.

Minyak mustard
Minyak mustard yaitu salah satu solusi teraman untuk dipakai ketika Anda menderita asma ketika hamil. Minyak mustard mengembalikan pernapasan normal dengan membersihkan jalan masuk udara yang terhambat.

Panaskan beberapa minyak bersama dengan kapur barus dan gosokkan di dada dan punggung. Setelah beberapa hari, gejalanya akan mereda.

Baca juga : 10 Makanan Ibu Hamil Agar Tulang Bayi Kuat dalam kandungan 

Kopi
Meskipun jumlah kafein dibatasi pada kehamilan, beberapa kafein baik untuk tubuh. Kafein dalam kopi bertindak sebagai bronkodilator dan membantu mengurangi serangan asma. Kopi panas membersihkan jalan masuk udara dan membantu Anda rileks. Semakin berpengaruh kopi semakin efektif hasilnya.

Rebus di kopi yang disaring bersama dengan air panas atau susu. Memiliki kopi panas yang berpengaruh setiap pagi membantu mengurangi tanda-tanda asma. Anda bisa minum kopi hitam atau susu.

Bawang putih
Bawang putih yaitu dekongestan alami dan biasa dipakai dalam pengobatan dingin. Bawang putih juga dianggap sebagai obat yang kondusif untuk mengobati asma ketika Anda hamil. Bawang putih membantu membersihkan kemacetan di paru-paru dan memungkinkan Anda bernafas dengan mudah

Lemon Juice
Jus lemon yaitu obat yang dikenal luas untuk mengobati asma dan benar-benar kondusif dikonsumsi bagi perempuan hamil. Lemon membantu mengendalikan akumulasi lendir dan mencegah penyumbatan jalan masuk udara yang umumnya menimbulkan mengi.

Peras lemon segar ke dalam segelas air hangat dan konsumsilah bersama madu untuk mengurangi lendir di jalan masuk udara sehingga Anda gampang bernafas. Pastikan tidak mencampur gula sambil mengonsumsi jus lemon. Madu merupakan obat penyembuhan alternatif untuk gula.