Menteri Agama Fachrul Razi Foto: Ngopibareng.id

IDNEWS.CO.ID – Kementerian Agama Republik Indoneia, jelang Hari Raya Idul Adha tahun ini akan kembali menggelar sidang isbat atau penetapan awal Zulhijjah 1441 Hijriah.

Menteri Agama, Fachrul Razi mengatakan bahwa sidang isbat akan digelar pada 21 Juli mendatang. “Sidang Isbat akan digelar 21 Juli 2020,” jelas Menag di Jakarta, Kamis 2 Juli 2020.

Pelaksanaan sidang isbat oleh Kementerian Agama sesuai dengan Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 02 tahun 2004 tentang Penetapan Awal Ramadhan, Syawal, dan Zulhijjah.

Menag menjelaskan, sidang isbat selalu digelar pada tanggal 29 bulan sebelumnya pada kalender Hijriyah. Misalnya, sidang isbat awal Ramadhan digelar pada 29 Syaban, awal Syawal digelar 29 Ramadhan.

“Karenanya, sidang isbat awal Zulhijjah digelar pada 29 Zulqadah yang bertepadan 21 Juli 2020,” tuturnya.

Sebagaimana Ramadhan dan Syawal, sidang isbat nantinya akan diawali pembahasan hasil hisab dan laporan rukyatul hilal sebelum menentukan 1 Zulhijjah. Sidang akan melibatkan Tim Falaikiyah Kementerian Agama, perwakilan ormas, dan undangan lainnya.

“Jika tanggal 1 Zulhijjah sudah ditentukan, maka bisa diketahui kapan Hari Raya Idul Adha 1441 H yang jatuh pada 10 Zulhijjah,” tegasnya. (ndi)

LEAVE A REPLY