Ilustrasi pemilu 2019. Foto: Merdeka

IDNEWS.CO.ID – Sejumlah Kedutaan Besar Republik Indonesia yang ada di beberapa negara, melangsungkan proses pengambilan suara bagi para Warga Negara Indonesia (WNI) yang menetap di masing-masing negara tersebut.

Berdasarkan keterangan resmi KBRI Bangladesh, hari ini, Minggu (14/4/2019), Panitia Pemilihan Luar Negeri atau PPLN Dhaka juga telah menyelenggarakan pemungutan suara di Dhaka, Bangladesh, yang diikuti oleh 247 orang pemilih WNI sesuai dengan jadwal Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Rinciannya, sebanyak 186 WNI di Bangladesh telah melakukan pemungutan suara secara langsung di TPS 01, yang berada di lobi gedung KBRI Dhaka.

Sementara itu, 61 orang WNI lain yang berada di luar kota Dhaka, diketahui juga telah menggunakan hak suaranya melalui mekanisme pengiriman pos, di mana surat suaranya telah dikirimkan oleh PPLN Dhaka sejak 12 Maret 2019.

Dari 61 orang WNI yang menggunakan hak suara melalui pos, PPLN Dhaka telah menerima surat suara kembali sebanyak 55 surat suara atau sekitar 90 persen. Sementara itu, sisa suara kembali masih akan ditunggu oleh PPLN Dhaka, hingga tanggal penghitungan suara yakni pada 17 April 2019.

Selain untuk pelaksanaan pemilu di Bangladesh, PPLN Dhaka diketahui juga bertanggung jawab pada pelaksanaan pemilu di Nepal, yang menjadi wilayah akreditasi KBRI Dhaka. Di Nepal, terdapat 30 orang pemilih yang kesemuanya juga menggunakan metode pos.

Dari 30 surat suara yang dikirim ke Nepal melalui pos sejak 12 Maret 2019, PPLN Dhaka baru menerima 19 surat suara kembali atau sekitar 60 persen, dan sisanya masih akan ditunggu hingga 17 April 2019.

Guna memastikan penyelenggaraan pemilu yang adil, jujur, bebas, dan rahasia, dalam pemilu kali ini PPLN Dhaka juga melakukan live video dari dalam TPS, yang diunggah ke FB PPLN Dhaka dan IG KBRI Dhaka.

Tujuannya adalah untuk memastikan keabsahan pada proses pembukaan segel kotak dan surat suara, guna memperlihatkan bahwa tidak ada satu pun surat suara yang sudah tercoblos.

Setelah memilih, para WNI itu juga disuguhi sajian mi bakso oleh petugas KBRI setempat, yang dimaksudkan sebagai pengobat rindu bagi para WNI tersebut kepada kampung halamannya masing-masing. (ndi)

 

LEAVE A REPLY