Ilustrasi ibu dan anak atau parenting.
Ilustrasi ibu dan anak atau parenting.

IDNEWS.CO.ID – Anak-anak yang baru tumbuh dan berkembang biasanya masih kesulitan untuk memiliki kepercayaan diri yang baik. Tak sedikit anak yang malu untuk bisa tampil dan berbicara di hadapan orang banyak.

Pendiri Rumah Amalia, Agus Syafii mengatakan bahwa tips untuk menjadi anak yang percaya diri itu ada tiga. Hal pertama, kata Agus, anak-anak harus diajarkan agar mereka menjadi diri sendiri.

“Menjadi diri sendiri sangat penting, sehingga saat mereka mengidolakan satu figur, dia tidak melepaskan jati dirinya,” ujarnya dikutip dari siaran pers yang diterima VIVA, Senin, 21 Oktober 2019.

Menurutnya, siapa pun idolanya, anak-anak tetap harus ditanamkan agar mereka bisa menjadi diri mereka sendiri. Kedua, anak-anak harus diajarkan fresh mindset.

Fresh mindset adalah cara berpikir yang selalu segar atau baru. Jadikan mereka semangat untuk mencari, menggali dan menemukan sesuatu yang baru,” terangnya.

Hal ini pula yang diterapkan dalam Rumah Amalia yang merupakan rumah belajar di daerah Ciledug Tangerang dan berdiri sejak tahun 2006 dengan 90 anak didik. Kata Agus, penting bagi orangtua agar anak tidak hanya sekadar mengulang dari apa yang sudah diajarkan pada mereka tetapi memahaminya.

Lalu, yang ketiga yakni generasi yang unggul pada dasarnya harus proaktif bukan reaktif. Menurut Agus, orangtua harus membangun anak sebagai generasi proaktif. Di mana dia bekerja bukan atas dasar perintah, tapi atas dasar keinginan dalam dirinya sendiri.

“Contoh, dia bisa memiliki kesadaran membersihkan kamarnya sendiri, sekolah dengan semangat. Tidak hanya sekadar belajar yang diajarkan guru dan diperintahkan orangtua, tapi juga saat di mana dia bisa bersosialiasi dengan teman-temannya, dia memanfaatkan hal tersebut. Maka itu yang disebut dengan generasi proaktif,” tegasnya.

LEAVE A REPLY