Ilustrasi buah mangga

IDNEWS.CO.ID – Buah memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, tak kecuali saat mengalami sakit tipes. Tetapi, sejumlah pasien tipes justru takut makan buah karena kuatir situasinya akan lebih buruk. Jadi sebenarnya, amankah mengonsumsi buah saat sakit tipes?

Tipes atau demam tifoid merupakan penyakit yang menyerang mode pencernaan. Penyakit tipes akan terjadi jika Anda terinfeksi bakteri Salmonella typhi, yang dapat disebarkan dari makanan dan minuman yang terkontaminasi.

Sepanjang tipes, Anda direkomendasikan untuk melihat makanan dan minuman yang Anda mengonsumsi, supaya pengobatan tipes dapat bertambah cepat dan tidak terjadi komplikasi.

Sejumlah komplikasi serius yang bisa terjadi saat mengalami tipes yakni perdarahan aliran cerna dan kebocoran (perforasi) usus.

Bermacam Buah untuk Sakit Tipes

1. Alpukat

Alpukat yakni buah yang tinggi kandungan seratnya. Alpukat baik untuk dikonsumsi oleh pasien tipes yang mengalami sembelit. Ini karena serat yang terdapat dalam alpukat bisa lancarkan pergerakan usus, sampai-sampai memudahkan buang air besar.

2. Pisang

Pisang pun aman dikonsumsi saat tipes. Struktur pisang yang lembut dan lembek membuat mudah di cerna oleh pasien tipes. Tidak hanya itu, probiotik yang terdapat dalam pisang baik untuk mode pencernaan dan bisa memudahkan diare.

3. Semangka

Semangka memiliki kandungan air yang tinggi dan serat. Kandungan air dalam semangka bisa menopang cukupi konsumsi cairan selama sakit tipes, sampai-sampai baik untuk dikonsumsi oleh pasien tipes.

4. Jeruk

Jeruk pun termasuk buah yang tinggi kandungan air. Gak cuma itu, jeruk kaya akan vitamin C. Vitamin ini bertindak sebagai antioksidan yang berfungsi untuk menaikkan mode ketahanan badan dan menahan kerusakan sel gara-gara radikal bebas. Oleh karenanya, jeruk aman jika dikonsumsi oleh pasien tipes.

Sebelum mengonsumsi buah, yakinkan buah sudah dicuci sampai bersih menggunakan air yang terjamin kebersihannya. Tidak hanya itu, direkomendasikan untuk kupas buah-buahan yang akan dikonsumsi.

Sejumlah jenis buah di atas aman untuk dikonsumsi saat sakit tipes. Tetapi jika Anda kuatir, tanyakan terhadap dokter, buah dan makanan apa saja yang bisa Anda mengonsumsi selama waktu pemulihan.(ria)

LEAVE A REPLY