Para pencari suaka Foto: detik

IDNEWS.CO.ID – Sebanyak empat Bis Transjakarta akan dipergunakan untuk mengusung para pelacak suaka yang berunjuk rasa dan membangun tenda di muka kantor Badan Komisi Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR) di Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

Keempat bis itu parkir dipinggir jalan kawasan Kebon Sirih sekitar waktu 13.10 WIB, tapi karena halangi arus lalu-lintas karena itu bus-bus itu cuma berhenti sesaat. “Ada Bis Transjakarta yang disiapkan, namun sampai belum ada kejelasan mereka pengin dibawa ke mana. Perintah belum ada,” tutur Indarto, Lurah Kebon Sirih saat dijumpai di tempat, Kamis (11/7/2019).

Selain itu, Ikma, seorang pengungsi asal Utopia mengatakan akan patuhi peraturan jika memang kelak diangkut ke tempat penampungan sementara di Jakarta Islamic Center. “Iya, gue pengin turut bila memang akan dipindahkan ke Islamic Center,” ujarnya.

Beberapa ratus pelacak suaka yang berunjuk rasa dan ada di trotoar Kebun Sirih, ini memerlukan makanan. “Tidak ada sarapan. Kami cuma bisa makanan saat siang dan malam,” kata Talib Hussain, pelacak suaka asal Afganistandi Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Kamis.

Talib mengatakan, selama ini dukungan makanan dicapai dari donasi warga sekitar. Ia mengharap, UNHCR bisa memberikan kejelasan tentang nasib mereka. (fat)

LEAVE A REPLY