Jabal Rahmah di Mekah

IDNEWS.CO.ID – Perjuangan Nabi Muhammad dalam menyebarkan agama Islam begitu dipenuhi dengan rintangan, ancaman dan kesedihan. Kita bisa mengenal Islam sekarang yaitu berkat perjuangan Rasulullah dulu.

Jika kamu berkunjung ke Mekkah dan Madinah, di sana banyak jejak-jejak sejarah yang jadi saksi bisu perjalanan Rasulullah dalam menyebarkan Islam. Salah satunya adalah Jabal yang dalam Bahasa Arab memiliki arti gunung atau bukit.

Berikut seperti dilansir dari Wow Menariknya merangkum daftar 4 gunung yang pernah jadi saksi perjuangan Rasulullah dalam menyebarkan Islam.

1. Jabal Uhud

Bagi yang sedang melaksanakan ibadah Umrah atau Haji, Jabal Uhud jadi tempat yang wajib dikunjungi. Bukit yang membentang sepanjang 6 kilometer ini adalah saksi bisu Perang Uhud di mana ketika itu umat Muslim mengalami kekalahan dari kaum kafir.

Sebanyak 70 syuhada, termasuk paman Nabi sendiri gugur dalam perang tersebut. Ini menjadikan Jabal Uhud sebagai tempat pemakaman para syuhada.

2. Jabal Nur

Di kawasan Jabal Nur terdapat Gua Hira, saksi bisu turunnya wahyu pertama kepada Nabi Muhammad. Di dalam gua inilah Nabi Muhammad diangkat jadi Nabi dan Rasul yang terakhir.

Jabal Nur terletak 7 km dari Masjidil Haram. Jika Anda naik ke puncak gunung ini, Anda akan melihat pemandangan kota Mekah yang indah, terutama saat sore hari menjelang Maghrib.

3. Jabal Rahmah

Jabal Rahmah adalah tempat paling bersejarah di muka bumi. Di sinilah Adam dan Hawa pertama kali bertemu sejak diturunkan oleh Allah ke bumi.

Bukit yang terletak di tepi Padang Arafah, sebelah timur kota Mekkah ini hanya memiliki tinggi sekitar 70 meter. Hanya perlu waktu 15 menit saja untuk mencapai puncaknya.

4. Jabal Tsur

Jabal Tsur adalah gunung setinggi 458 meter yang berada di sebelah selatan kota Mekkah. Di Gunung ini terdapat Gus Tsur yang pernah dijadikan tempat bersembunyi oleh Rasulullah dan Abu Bakar dari kejaran kaum Quraisy ketika hijrah ke Madinah.

Semoga suatu saat nanti kalian bisa pergi ke Mekkah dan melihat sendiri empat gunung bersejarah ini.(ria)

LEAVE A REPLY