BWF World Tour.

IDNEWS.CO.ID – BWF World Tour Super 500, Hong Kong Open 2019 memang benar-benar penuh kejutan. Bayangkan saja, hingga sejauh ini sudah 4 tahta juara bertahan yang melayang dari tangan para penguasanya.

Tahta juara bertahan pertama yang raib dari tangan penguasanya ialah di sektor tunggal putra. Tahta juara yang dikuasai Son Wan sejak Hong Kong 2018 itu melayang setelah raja bulutangkis Korea Selatan itu secara tak terduga kalah di laga perdana. Son dilumat Juara Dunia 2017, Viktor Axelsen.

Selanjutnya giliran tahta juara ganda putri yang melayang. Seperti diketahui, gelar juara ganda putri Hong Kong Open 2018 dikuasai Yuki Fukushima/Sayaka Hirota.

Namun, pemegang ranking 1 dunia itu harus merelakan gelar juara itu hilang setelah Yuki/Sayaka ditumbangkan ranking 19 dunia, Baek Ha Na/Jung Kyung Eun di babak 16 besar turnamen berhadiah total 400.000 Dolar Amerika Serikat itu.

Nah yang paling tragis terjadi di perempatfinal. Ganda putra terbaik dunia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi dipaksa melepas gelar juara Hong Kong Open yang sudah dua tahun beruntun mereka rebut oleh raja ganda putra Asia, Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe.

Bagaimana tak tragis, gelar juara bertahan yang dikuasai The Minions di tahun 2017 dan 2018 harus sirna di detik-detik akhir laga.

Dalam pertarungan itu, sebenarnya penguasa ranking 1 dunia itu mendapatkan kesempatan untuk bisa menang. Karena saat itu, di pengujung game ketiga atau rubbergame, mereka sudah berada di jurang kemangan setelah unggul angka pada kedudukan 20-19 dari Hiroyuki/Yuta.

Sangat disayangkan, mereka gagal merebut kemenangan meskipun kala itu Kevin/Marcus hanya membutuhkan 1 poin saja. Malahan Hiroyuki/Yuta mampu membalikkan keadaan dan mencuri kemengan dengan angka 20-22.

Perlu diketahui, laga kedua ganda itu terpaksa dituntaskan melalui game tambahan setelah mereka sama-sama merebu kemenangan di dua game sebelumnya.

Gelar juara bertahan terbaru yang melayang adalah dari sektor tunggal putri. Tak main-main gelar juara itu melayang dari Juara Dunia 2018, Nozomi Okuhara.

Pemegang ranking 2 dunia ini terpaksa gagal mempertahankan gelar juaranya setelah di perempatfinal di kalahkan sahabatnya sendiri dari Thailand, Intanon Ratchanok.

Kini gelar juara bertahan hanya tersisa di sektor ganda campuran saja. Sebab penguasanya yaitu Yuta Watanabe/Arisa Hiagshino belum juga terkalahkan.

Baca: Anthony Ginting Bentrok Jonatan Christie di Semifinal Hong Kong Open

 

LEAVE A REPLY