Peringatan Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah, 31 Juli 2020

IDNEWS.CO.ID – Hari ini umat muslim di seluruh penjuru tanah air merayakan Hari Raya Idul Adha. Setelah melaksanakan Salat Idul Adha, umat muslim akan melaksanakan pemotongan hewan kurban. Selain itu, beberapa daerah di Indonesia merayakan Idul Adha ini dengan berbagai tradisi. Dilansir dari berbagai sumber berikut ini tradisi Idul Adha dari berbagai daerah di Indonesia. 

1. Yogyakarta

Bertepatan dengan Idul Adha, setiap tahunnya Keraton Yogyakarta menggelar upacara tradisional Garebeg Besar. Pada tradisi ini akan ada 7 buah Gunungan yang dibagikan di tiga tempat berbeda. 

Gunungan ini berisi hasil bumi. Setelah didoakan, Gunungan lantas diperebutkan oleh masyarakat. Sebelum diperebutkan masyarakat, prosesi gunungan dimulai dari dalam kraton dan dikawal oleh prajurit kraton menuju ke tempat yang sudah ditentukan.

Hajad Dalem Garebeg Kraton Ngayogyakarta digelar tiga kali dalam setahun yakni Garebeg Mulud, Garebeg Sawal, dan Garebeg Besar. Garebeg Mulud digelar pada tanggal 12 Rabiul Awal (Mulud) untuk memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW. 

2. Maluku Tengah

Pada Hari Raya Idul Adha, masyarakat Maluku Tengah akan menggelar tradisi Kaul Negeri dan Abda’u. Pada tradisi ini, para pemuka agam akan menggendong tiga kambing dengan kain.  Nantinya kambing tersebut akan diarak keliling desa sambil diiringi alunan takbir dan selawat menuju masjid. Sesampai di masjid, ketiga kambing tersebut akan disembelih dan dagingnya dibagikan kepada fakir miskin.

Sementara itu, Abda’u merupakan tradisi merebut bendera bertuliskan kalimat tauhid oleh ribuan pemuda di Desa Tulehu, Ambon.

3. Pasuruan

Pada perayaan Idul Adha, masyarakat di Desa Wates Tani, Kecamatan Granti, akan menggelar tradisi Manten Sapi. Manten Sapi merupakan wujud penghormatan hewan kurban yang akan disembelih saat Idul Adha. Nantinya, sapi-sapi akan dirias agar terlihat cantik dan tampan saat prosesi. Sapi itu juga akan dikalungi bunga tujuh rupa lalu dibalut kain putih. 

Setelah didandani, sapi-sapi tersebut diarak ratusan warga menuju masjid dan diserahkan pada panitia kurban.

Baca juga: Tips Sehat Santap Sajian Serba Kambing di Idul Adha

4. Demak

Pada perayaan Hari Raya Idul Adha, masyarakat kota Demak akan menggelar tradisi Grebeg Besar Demak. Tradisi ini dimeriahkan dengan karnaval kirap budaya yang dimulai dari Pendopo Kabupaten Demak hingga ke Makam Sunan Kalijaga yang terletak di Desa Kadilangu, jaraknya sekitar 2 kilometer dari tempat mulai acara.

LEAVE A REPLY