Ilustrasi mie instan.

IDNEWS.CO.ID – Musim hujan mulai tiba dan tentunya berdampak pada suhu lingkungan yang mulai terasa dingin. Kondisi tersebut cenderung merangsang tubuh untuk mengonsumsi makanan dan minuman agar mampu menghangatkan tubuh.

Tapi, musim hujan juga bisa membuat imunitas tubuh menurun sehingga membuat penyakit rentan mengintai. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, tubuh perlu mendapatkan asupan makan yang tepat. Berikut tips mengonsumsi makanan agar tetap sehat saat musim hujan, dikutip dari laman Panahon, Jumat, 1 November 2019.

Konsumsi makanan berkuah

Makanan berkuah yang dimaksud di sini bukan mie instan, melainkan sop atau sup yang bernutrisi. Pastikan beragam jenis sayur dan protein ada di dalamnya seperti wortel dan daging ayam. Hal ini untuk membuat imunitas tubuh lebih baik.

Minuman hangat

Kopi hangat sepertinya sangat cocok untuk dikonsumsi saat musim hujan. Tapi, kafein berlebih bisa mengurangi kadar cairan di dalam tubuh. Nah, untuk menyiasatinya, bisa memilih teh herbal untuk melawan bakteri yang rentan hadir di musim hujan. Kamu bisa memilih teh berbahan dasar dari daun basil, jahe, daun mint dan madu.

Buah yang tepat

Buah bisa memberikan tambahan energi di mana menjadi cara tubuh melindungi diri dari bakteri di musim hujan. Buah apa pun sebenarnya berdampak baik, namun buah pisang sangat cocok dikonsumsi kala musim hujan.

Kandungan potasium, vitamin B6 dan C serta serat membantu organ jantung bekerja dengan baik. Selain itu, buah mangga juga baik dikonsumsi karena kandungannya yang kaya akan air dan serat.

Bawang putih

Untuk memastìkan virus bisa dilawan oleh tubuh, usahakan untuk selalu menambah bawang putih dalam olahan masakan. Bawang putih dikatakan sebagai makanan super karena mampu membantu penyakit jantung, kanker, virus serta bakteri.

Pilih nasi yang lebih baik

Nasi menjadi makanan pokok masyarakat Indonesia. Nah, daripada memilih nasi putih, coba untuk mengonsumsi nasi cokelat di musim hujan ini. Kandungannya yang tinggi serat dan kaya antioksidan serta membuat sel kulit lebih sehat sangat tepat membantu daya imun tubuh.

LEAVE A REPLY