Penderita diabetes.

IDNEWS.CO.ID – Kepingin gula darah turun? Tambahkan 5 Jenis Makanan Ini di Menu Diet Pasien Diabetes

Di tengah menjamurnya berbagai jenis kuliner, tanpa disadari gula tersembunyi dalam makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Hal itu bisa memicu meningkatnya kadar gula darah sehingga gampang memicu diabetes.

Bagi penderita diabetes pun cukup sulit mencari jenis makanan yang sesuai dengan diet yang dianjurkan. Padahal kuncinya cukup hindari makanan yang mampu memicu meningkatnya kadar gula darah.

Sayangnya, tak banyak penyandang diabetes yang tahu cara memilih jenis makanan yang aman dikonsumsi. Nah, dilansir dari laman Healthline, berikut ini 5 jenis makanan sederhana yang efektif kontrol kadar tekanan darah dan diabetes.

1. Lemak ikan

Lemak ikan adalah salah satu makanan paling sehat di dunia. Misalnya saja salmon, sarden, makarel, bahkan ikan kembung merupakan sumber baik lemak omega 3, DHA dan EPA yang bagus untuk jantung.

2. Sayuran hijau

Sayuran hijau kaya akan nutrisi dan rendah kalori. Selain itu sayuran hijau juga baik untuk pencernaan, sehingga mampu mengontrol kadar gula darah. Sayuran hijau seperti bayam, kangkung, kale dan jenis sayuran hijau lain juga kaya vitamin (terutama vitamin C), dan mineral. Dalam sebuah penelitian, meningkatkan kadar vitamin C dalam tubuh mampu menurunkan kadar gula darah.

3. Kayumanis

Kayumanis terkenal dengan potensi antioksidan dan kegunaannya untuk meredakan stress. Namun di balik itu beberapa studi menyebut bahwa kayumanis secara jangka panjang mampu mengontrol kadar gula darah dan diabetes tipe 2. Penelitian itu juga menyebut kalau kayumanis menurunkan koleterol.

4. Kacang polong

Kacang polong dapat membuat diet diabetes menjadi lebih sehat. Kacang polong bisa mengendalikan kadar gula darah dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular pada pasien diabetes tipe 2. Tak hanya itu, kacang polong memiliki indeks glikemik rendah, yang tidak meningkatkan kadar gula darah.

5. Perasan lemon

Bukan rahasia umum kalau lemon kaya sumber serat dan vitamin C yang bisa mengatur kadar gula darah. Perasan lemon bisa mengurangi kadar gula darah 8-12 persen. Peras setengah lemon lalu minum satu sendok setiap pagi sehabis sarapan. (ndi)

LEAVE A REPLY