Paskibra SMKN 1 Subang

IDNEWS.CO.ID – Selain lomba, peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia juga identik dengan para pasukan pengibar bendera atau disebut juga dengan paskibra. Kehadiran para pengibar bendera merah putih ini menjadi penting karena mereka adalah salah unsur utama dalam sebuah upacara.

Tak heran, paskibra menjadi kegiatan ekstrakurikuler yang populer di sekolah-sekolah. Gerakan baris berbaris yang kompak dan gagah membuat pasukan ini tampak begitu keren. Tak cuma gerakan yang kompak, paskibra juga punya kostum yang penampilan mereka berbeda dari yang lain.

Berikut ini lima penampilan unik para paskibra dalam busana ‘nyentrik’ yang dirangkum VIVA.co.id, Minggu 18 Agustus.

SMKN 1 Subang

Dalam sebuah cuplikan video yang diunggah di Instagram resmi mereka, tampak tim paskibra memakai seragam tak biasa yakni rok berwarna merah dengan celana hitam terang yang dipadu dengan atasan hitam.

Beragam atribut menempel di atasan mereka, begitu juga topi yang bertengger di kepala mereka. Kostum itu kemudian dilengkapi dengan sepatu pantofel berwarna putih.

Menariknya, kostum tersebut justru menambah daya tarik kekompakan mereka dalam memperlihatkan gerakan baris-baris yang kompak. Di dalam caption tertulis bahwa aksi baris berbaris dengan kostum unik itu dilakukan saat Gebyar Ekskul SMKN 1 Subang.

SMA 17 Agustus 1945 Surabaya

Seperti tim pemandu sorak, paskibra dari SMA 17 Agustus 1945 Surabaya ini tak hanya memperlihatkan gerakan baris berbaris, tapi juga berbaris mengikuti irama lagu yang dipopulerkan Sherina ‘Kembali ke Sekolah’.

Yang menambah daya tarik penampilan mereka tentu saja kostum yang dipakai di mana mereka mengenakan atasan lengan panjang berwarna putih dengan aksen merah dan kuning, serta rok span berwarna hitam. Kesan unik ditonjolkan dari topi koboi yang mereka pakai dan sepatu boot berwarna putih.

.

SMPN 267 Jakarta

Sambil memeragakan gerakan berbaris yang dipadu dengan tarian, paskibra dari SMPN 267 Jakarta memakai kostum berwarna pink terang berupa kemeja panjang yang menyerupai dress.

Atasan itu dipadu dengan rok hitam dan sepatu boot berwarna putih. Selain itu, mereka juga memakai topi putih dengan aksen bunga. Sementara pasukan pria memakai seragam mirip dengan pakain adat lengkap dengan selempang dan ikat kepala.

SMP Negeri 1 Tangerang

Penampilan tak biasa diperlihatkan Paskibra SMP Negeri 1 Tangerang. Adik-adik pasukan pengibar bendera ini tampak memakai kostum seperti pahlawan super wanita. Mereka memakai atasan berwarna cokelat dan kaus berwarna merah.

Rok merah yang mereka kenakan dipakaikan atribut seperti kostum pendekar wanita. Tak hanya itu, mereka juga memakai ikat kepala dan rambut yang dicepol kecil dua, serta asesoris yang dipakai di tangan. Untuk melengkapi kesan gagah, mereka memakai sepatu boot berwarna hitam.

Paskibra MAN 1 Cirebon

Dengan tetap mengusung kesopanan, pasukan pengibar bendera dari Madrasah Aliyah ini memilih kostum muslimah. Hasilnya, mereka tampak keren dengan seragam berupa kemeja panjang selutut berwarna ungu. Kemeja itu mereka padukan lagi dengan celana hitam. Tak lupa, mereka juga memakai topi berwarna ungu yang dipasang di atas hijab mereka.

LEAVE A REPLY