Ilustrasi

IDNEWS.CO.ID – Mata merupakan organ penting dibutuh kita yang sangat perlu, merupakan salah satunya panca indera yang berada pada badan kita yakni panca indra pandangan. Kalau mata sehat pandangan kita lantas akan berubah menjadi bagus apabila kita kerap mengontrolnya dan memberikan konsumsi makanan untuk kesehatan mata kita.

Makanan yang dikenal banyak faedahnya untuk kesehatan mata ialah wortel, yang selama ini kita tahu. Namuna, tidak cuma wortel saja yang memiliki vitamin A untuk dapat memperhatikan kesehatan mata kita. Makanan lain dengan kandungan gizi yang tinggi juta banyak memberikan fungsi untuk kesehatan mata.

Makanan yang banyak mengandung vitamin C dan E, lutein, zeaxanthin, seng, dan asam lemak omega-3 merupakan hal yang benar-benar bertindak penting untuk memperhatikan kesehatan mata kita. Semua zat gizi itu bisa menahan kita dari katarak dan kemerosotan macula yang dikarenakan oleh factor umur yang kerap bikin ketajaman pandangan kita alami penurunan.

Selanjutnya 5 makanan sehat yang dapat kita memakai untuk kesehatan pandangan mata kita:

Sayuran hijau

Sayuran hijau memiliki kandungan lutein dan zeaxanthin yang berlimpah. Ke-2 zat itu sendiri merupakan sisi dari karotenoid yang ditemukan pada retina. Makanan ini mengandung kedua zat gizi hingga memiliki pembawaan antioksidan yang bisa menurunkan kemungkinan peningkatan kemerosotan macula dan katarak. Antioksidan dapat untuk melindungi kita dari kerusakan mata yang diakibatkan oleh asap rokok, dan polusi udara, dan cahaya matahari.

Lutein dan zeaxanthin kerja dengan cara menambah kepadatan pigmen dalam macula yang menyerap kelebihan sinar biru dan ultraviolet dan menetralisir radikal bebas. Dengan cara itu, kedua zat ini berubah menjadi pelindung mata kita dari kerusakan yang dikarenakan oleh radikal bebas.

Sayuran hijau memiliki kandungan lutein dan zeaxanthin yang lumayan tinggi contoh-contohnya seperti bayam, daun tenang, romaine lettuce, sawi, brokoli dan lobak hijau. Kecuali dalam sayuran hijau, kedua zat itu kerap ditemukan di kacang polong dan alpukat.

Telur

Telur memiliki kandungan zat gizi yang bisa menambah kesehatan mata kita. Kandungan di dalam telur sendiri ada lutein, zeaxanthin, vitamin A, dan seng. Lutein dan vitamin A bisa melindungi mata kita dari kebutaan saat malam hari dan dari kekeringan pada mata. Lutein dan zeaxantahin Beserta seng dapat menambah kesehatan mata dan mengurangi kemungkinan kemerosotan macula.

Buah sitrus dan buah berry

Buah sitrus seperti jeruk, lemon, dan jeruk bali dan buah berry seperti strawberry, blueberry, dan raspberry memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Vitamin C ini mengandung antioksidan yang tertinggi. Hingga, makanan yang kaya akan vitamin C bisa juga mengurangi kemungkinan kemerosotan macula dan katarak. Makanan lain yang mengandung vitamin C ialah papaya, paprika, tomat, kiri, dan jambu biji.

Biji-bijian dan kacang-kacangan

Pada sejumlah biji-bijian dan kacang-kacangan, seperti biji bunga matahari dan kacang almond memiliki kandungan vitamin E yang benar-benar dibutuhkan untuk memperhatikan kesehatan mata dengan cara perlambat kemerosotan macula. Vitamin E dan Vitamin C bekerja bersama-sama dalam memperhatikan kesehatan pada jaringan mata kita.

Dalam biji bunga matahari ditemukan kandungan seng, kecuali kandungan vitamin E. Sedangkan, di dalam kacang almond sendiri memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang benar-benar bagus untuk menambah kesehatan mata anda.

Biji-bijian atau kacang-kacangan lain sangat bermanfaat untuk kesehatan mata kita ialah walnut, kacang polong, kacang tanah, kacang lima, kacang merah, lentil.

Gandum

Gandum atau biji-bijian utuh seperti beras merah, oat, quinoa, roti gandum, dan pasta gandum memiliki fungsi untuk menambah kesehatan mata kita karena mengandung vitamin E, seng, dan niasin (vitamin B3). Makanan yang banyak mengandung indeks glikemik rendah ini bisa pula menolong untuk mengurangi kemungkinan kemerosotan macula yang dikarenakan oleh factor umur pada seseorang. Terkecuali itu gandung memiliki kandungan vitamin E.

Nah, itu 5 makanan yang memiliki fungsi untuk kesehatan mata kita. Ingat untuk selalu memperhatikan kesehatan mata kita, karena mata kita merupakan organ yang paling penting. (ria)

LEAVE A REPLY