Ilustrasi es cendol. Foto: ExeLog

IDNews.co.id – Saat berbuka puasa, kita dianjurkan untuk segera mengonsumsi makanan yang manis. Tahukah Anda alasannya?

Saat berpuasa, badan tidak terima konsumsi minum dan makan. Hal ini menyebabkan menyusutnya kadar gula darah pada badan. Keadaan demikian yang menyebabkan badan merasa lemas dan pusing.

Makanan manis yang kita mengkonsumsi saat berbuka, berperan menukar kadar gula dalam darah, agar badan segera kembali bugar.

Dr. Kaseem Halmar dari University of Warwick menjelaskan kalau badan memerlukan sumber daya yang dibuat dari konsumsi karbohidrat yang dikonversi jadi gula oleh insulin. Namun juga perlu untuk diketahui ada batasan dalam mengonsumsi minuman dan makanan manis, yakni 5 persen dari jumlah keseluruhan konsumsi kalori.

Tersebut ini sebagian sajian manis dan lezat untuk dikonsumsi saat berbuka.

1. Kolak

Sajian satu ini banyak kita temui sebagai takjil saat berbuka. Kolak dikenal memiliki cita rasa yang manis dan senantiasa memasukkan santan. Isian kolak juga beragam, mulai dari ubi, biji salak, pisang, kelapa muda, durian.

2. Cendol

Minuman khas Sunda yang terbuat dari tepung beras, dihidangkan dengan es parut dan gula merah cair dan santan. Begitu nikmat ditambahkan es batu. Cendol adalah satu diantara minuman yang paling banyak diburu sebagai takjil berbuka puasa.

3. Bubur kacang hijau

Bubur kacang hijau memiliki kadar asam amino yang tinggi, bisa jadi alternatif sumber protein.

4. Bubur candil

Bahan utama bubur candil yaitu tepung ketan. Setelah di rebus dengan gula merah, candil yang sudah masak dihidangkan bersama santan. Manis dan gurih bubur candil jadi gabungan rasa yang lezat di lidah.

5. Es krim

Es krim bisa jadi pilihan untuk takjil. Terkecuali cita rasa yang manis, dampak dingin dari es krim juga menaikkan kesegaran saat berbuka puasa.

Dr. Matthew Lantz Blaylock, Ph. D, nutritional scientist, menjelaskan kalau tidak ada efek negatif mengonsumsi es krim untuk berbuka puasa. Makanan yang terbuat dari susu ini memiliki kandungan gizi, gula, krim lemak dan protein susu.

Ada beragam produk es krim di market, jika Anda menginginkan es krim dengan cita rasa berlainan, ada Joyday Jujube White Chocolate. Es krim ini mengandung kurma merah (jujube) yang dibalut cokelat putih yang lezat. Pas untuk sajian berbuka puasa. (ndi)

LEAVE A REPLY