IDNEWS.CO.ID – Saat udara panas, banyak orang cenderung mudah untuk dehidrasi. Dehidrasi terjadi ketika tidak mendapatkan cukup air. Seperti diketahui, hampir 60 persen tubuh kita adalah air. 

Seseorang dapat kehilangan air dengan cepat lewat berkeringat yang sangat banyak di hari yang panas, atau dengan banyak berolahraga. Tubuh juga bisa kehilangan air karena terlalu banyak buang air kecil. 

Meski terdengar sepele, tapi dehidrasi bisa menjadi serius. Untungnya, ada beberapa cara untuk mengenali kalau kamu mengalami dehidrasi. Berikut ini tanda-tanda seseorang mengalami dehidrasi seperti dilansir laman Health Line.

1. Kulit
Kulit kehilangan air karena berkeringat saat panas. Kamu juga bisa kehilangan kelembaban lewat kulit dalam cuaca dingin karena udaranya lebih kering. Cek tanda-tanda di kulit kamu seperti kasar atau mengelupas, kemerahan, dan kulit atau bibir pecah-pecah, basah, mengencang atau keriput (kurang kenyal).

2. Napas
Saat dehidrasi, mulut dan lidah terasa kering atau lengket. Bau mulut juga bisa timbul. Tubuh membutuhkan banyak air untuk membuat air liur atau ludah, dan ketika dehidrasi, air liur kamu berkurang. Ini menyebabkan lebih banyak bakteri tumbuh di mulut kamu. Menyikat gigi dan minum banyak air membantu menghilangkan bakteri penyebab bau.

3. Urine
Kamu bisa mengenali dehidrasi dengan melihat urine. Jika urine berwarna kuning tua ke kuning, berarti kamu mengalami dehidrasi ringan hingga parah. Biasanya, kamu bisa mengetahui kadar hidrasi yang sehat di tubuh kamu kalau urine berwarna sangat terang.

4. Sembelit
Dehidrasi bisa menyebabkan atau memperburuk sembelit. Kalau kamu kurang minum, bisa saja kamu sulit buang air besar (BAB) atau pergerakan perut lebih sedikit. Saat BAB, kotoran kamu terlihat kering atau seperti gumpalan kecil. Untuk itu, air dibutuhkan untuk membantu mencerna makanan dan memindahkan sampah di sepanjang saluran pencernaan. Minumlah banyak air agar fungsi tubuh tetap teratur.

5. Haus dan lapar
Haus adalah tanda tubuh kamu membutuhkan lebih banyak air. Kamu juga bisa merasa lebih lapar saat dehidrasi. Sebuah tinjauan medis menemukan bahwa orang dewasa yang mengalami dehidrasi seringkali memiliki berat badan lebih tinggi. Tapi, masih butuh penelitian untuk mengetahui kaitan tersebut. Meski begitu, minum banyak air bisa membantu menurunkan keinginan untuk makan. Orang dewasa yang berat badannya berlebih juga butuh lebih banyak minum untuk tetap terhidrasi. (nsa)

LEAVE A REPLY