Ilustrasi aki. Foto: MobiLku.Org

IDNews.co.id – Baik sepeda motor ataupun mobil tentu perlu accu atau umum dimaksud aki. Komponen yang satu ini tentunya begitu diperlukan mengingat aki bertindak sseperti baterai yang bisa mensuplai daya listrik ke komponen yang lain.

Demikian sebaliknya, jika aki tidak ada atau mati, jadi hal ini akan menyulit menyalakan beragam kompenen, mulai dari starter mobil, AC, lampu, system hiburan, dan lain-lainnya.

Karenanya jika aki mobil tidak berguna seperti harusnya, jadi kenyamanan pengendara dan penumpang mobil jadi terganggu.

Perlu diketahui aki dapat juga mengalami masalah. Meskipun mobil tidak sempat diperlukan seperti biasanya, alias semakin banyak nongkrong di garasi.

Nah, karenanya, sebelumnya aki mengalami masalah, semestinya simak cara merawat aki mobil supaya tak cepat tekor atau soak seperti diambil dari website resmi Nissan.

1. Perhatikan Beban Pemakaian Aki

Satu diantara cara paling baik untuk merawat aki mobil yaitu dengan memperhatikan beban pemakaian aki dengan cara berkala.

Pengecekan mesti dilakukan dengan cara teratur. Pengecekan ini bermanfaat supaya keadaan aki dapat diketahui dengan cara tepat. Pengecekan beban pemakaian aki sendiri dapat dilakukan di bengkel.

2. Bersihkan Aki Secara Berkala

Satu diantara panduan termudah dalam melindungi keadaan aki yaitu dengan bersihkan aki dengan cara berkala. Satu diantara sisi yang butuh mendapatkan perhatian lebih merupakan sisi terminal aki.

Terminal aki biasanya tertutup oleh debu dan kotoran. Hal ini menyebabkan hantaran listrik dari aki ke komponen mobil jadi terkendala. Cara termudah untuk bersihkan terminal aki yaitu dengan membersihkannya dengan sikat kawat atau sikat plastik.

3. Panasi Mobil Secara Berkala

Tahukah Anda kalau memanaskan mobil merupakan satu diantara cara paling baik dalam merawat kesehatan aki mobil Anda?

Walau mobil tidak sedang akan diperlukan tapi memanaskan mesin mobil sehari-hari merupakan hal yang harus untuk dilakukan. Mobil yang tidak sempat dipanasi akan berikan efek pada keadaan aki. Aki akan jadi cepat tekor dan soak.

Oleh karenanya, lakukan untuk memanaskan mesin mobil sehari-hari minimal selama 5-10 menit.

4. Yakinkan tersedianya Listrik di Dalam Aki

Melindungi supply listrik didalam aki merupakan satu diantara cara paling baik dalam merawat aki mobil Anda.

Saat Anda terasa mobil sudah mulai susah dinyalakan jadi ada peluang jika cadangan listrik didalam aki mobil sudah mulai menipis. Segera isi ulang cadangan listrik mobil Anda.

5. Terlepas Kabel Aki Saat Mobil Tidak Digunakan

Saat mobil bakalan tidak digunakan dalam periode waktu yang cukup lama jadi sebaiknya untuk membiarkan kabel aki dari terminal penghubungnya.

Hal ini bertujuan untuk menghindari aliran listrik yang tiada henti. Jika dilewatkan tiada henti jadi akan menyebabkan pada aki mobil sebagai tekor atau soak.

6. Tentukan Aki Kering Dengan Kwalitas Terbaik

Pilihan aki kering dengan kwalitas paling baik yang berada pada market. Untuk kenyamanan mengemudi sebaiknya supaya selamanya menggunakan aki kering dengan kwalitas paling baik.

Salah pilih model aki atau pilih aki abal-abal cuma akan merusak komponen mobil yang lain. Hal ini karena aki mobil terjalin erat dengan kelistrikan mobil.

Jika supply listrik kedalam komponen-komponen beda terganggu, bukanlah mustahil komponen itu akan cepat rusak atau bermasalah. (ndi)

LEAVE A REPLY