Ilustrasi tidur. Foto: Hello Sehat

IDNews.co.id – Sebagian kebiasaan sudah kita kerjakan sejak dahulu, yang disebut sisi dari aktivitas keseharian. Kita juga menganggapnya sebagai hal yang normal dan lumrah. Bahkan tak sedikit juga terpikir akan efek negatifnya.

Namun, studi yang dilakukan oleh Veronica Irvin dari Oregon State University membuka kalau sebagian kebiasaan yang sudah lama kita kerjakan itu mungkin saja beresiko. Dampak jelek akan dirasa oleh badan jika tak berupaya berhenti atau merubahnya.

Apa saja kebiasaan yang disebut Veronica? Tersebut ini seperti dilansir laman Bright Side.

Menggunakan sangat banyak tabir surya

Tabir surya dibutuhkan saat ada diluar ruang untuk menghindar penuaan dini dan kanker kulit. Tapi ternyata, menggunakan sangat banyak pula tidak baik.

Menurut Anne-Louise Ponsonby, seorang ahli kulit di National Centre for Epidemiology and Population Health in Canberra, Australia, mengatakan ada penurunan jumlah vitamin D pada mereka yang melakukan pelindung berlapis dan menyebabkan multiple sclerosis. Bisa menggunakan pelindung tapi jangan berlebihan.

Menghindari lemak

Sangat banyak lemak pada makanan dapat menyebabkan serangan jantung dan masalah berat badan. Tapi tidak disarankan juga betul-betul berhenti mengkonsumsi lemak. Karena lemak menolong metabolisme vitamin. Mengkonsumsi lemak baik yaitu pada 44 sampai 78 gram.

Sangat banyak sayur

Mengkonsumsi 7 jumlah sayuran dan 4 jumlah buah sehari-hari kurun waktu lama, berisiko merusak badan. Untuk memperoleh hasil maksimal dari makanan, dianjurkan makan sayuran fresh bukanlah digoreng atau panggang dan jangan mengkonsumsi lebih dari 4 sampai 5 kali sehari.

Mengecek e-mail sangat sering

Dapat menyebabkan stres dan kekecewaan, hingga buat produktivitas alami penurunan. Para ahli mereferensikan panduan yang baik untuk beberapa orang. Pertama, jangan melihat e-mail pada pagi hari, malam atau sore. Bekerja lebih dahulu dan cek e-mail lalu, jika e-mail bukanlah yang terkait dengan sistem pekerjaan. Terakhir yaitu matikan pemberitahuan e-mail masuk.

Bangun dengan suara alarm sangat kencang

Menyalakan alarm dengan volume tinggi dapat tingkatkan tekanan darah dan detak jantung. Suara bising dapat merubah kesehatan dan menyebabkan stres. Jika hal ini berjalan selama sekian hari, minggu bahkan bulan, ada resiko stres itu jadi kritis.

Membungkus kepala dengan handuk

Kebiasaan usai keramas ini ternyata tidak baik untuk dilakukan. Menurut Leon Van-Gorkom, senior manager Unilever Research and Development mengatakan, karena saat rambut basah, handuk yang berat dapat buat rambut rontok. Semakin lebih baik menggunakan handuk untuk mengurangi air berlebihan dan biarlah rambut jadi kering dengan udara bebas. Saat memeras kelebihan air, yakinkan melakukan dengan lembut dan kurun waktu singkat. (ndi)

LEAVE A REPLY