Kurma.

IDNEWS.CO.ID – Banyak sekali cara untuk meningkatkan kolesterol baik (HDL). The American Heart Association menyarankan setidaknya 30 menit berolahraga sebanyak 5 kali dalam seminggu serta terapkan pola makan sehat.

Hal tersebut agar HDL dalam tubuh meningkat. Mengingat, HDL mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. HDL bisa melindungi sel, menghasilkan vitamin D, menjaga kesehatan kardiovaskular, menjaga fungsi otak, pembentuk asam empedu dan juga hormon penting dalam tubuh.

HDL berbeda dengan LDL (kolesterol jahat). LDL yang berlebihan di dalam tubuh akan menyumbat pembuluh darah. Dan berikut adalah beberapa makanan yang dikategorikan sebagai sumber kolesterol baik. Mari simak satu per satu.

Kurma

Untuk meningkatkan kolesterol baik (HDL), Anda harus memangkas asupan gula. Sebuah riset yang diterbitkan dalam Circulation mengatakan, orang yang mengkonsumsi gula tambahan berlebihan cenderung mempunyai kolesterol jahat (LDL) yang tinggi dalam tubuh.

Selain itu, gula juga dikenal sebagai penyumbang signifikan terhadap sindrom metabolik. Maka dari itu hindari asupan gula tambahan. Anda bisa mengganti gula dengan kurma yang jauh lebih sehat. Rasa manis alami yang diperkaya vitamin, mineral dan serat ini bisa mencegah Anda mengalami penambahan gula lebih dari 10 persen dari total kalori harian.

Daging Unggas

The American Heart Association menyarankan untuk mengurangi asupan daging merah guna menurunkan LDL. Sebagai gantinya, makanlah sumber protein hewani seperti ayam atau ikan

Alpukat

Alpukat merupakan karbohidrat diperkaya oleh lemak tak jenuh tunggal, serat dan potassium yang melimpah. Lemak tak jenuh tunggal yang ada di dalam alpukat, bisa meningkatkan HDL. Bukan hanya itu, menurut studi Archives of Medical Research, buah alpukat juga bisa menurunkan LDL dan trigliserida.

Keju

Menurut studi terbaru, mengonsumsi produk olahan susu yang satu ini berkaitan erat dengan peningkatan kadar HDL. Tapi ingat! Bukan berarti semua jenis keju dapat dengan bebas dikonsumsi. Untuk menurunkan LDL, ada baiknya pilih keju segar dan sehat seperti keju feta, keju mozzarella dan keju Swiss. Hindari keju olahan yang mengandung bahan pengawet.

Ikan salmon

Makan seafood 2 kali dalam seminggu adalah cara paling enak dan sehat untuk mengurangi resiko penyakit kardiovaskular. Studi yang dipublikasikan di Journal of Nutrition melaporkan bahwa lemak ikan salmon mempunyai manfaat sebagai antiinflamasi.

Sehingga bagus untuk kesehatan jantung. Jika dikonsumsi secara rutin, maka ikan yang kaya akan kandungan omega-3 ini juga bisa meningkatkan HDL.

Oatmeal

Popularitas oatmeal sebagai salah satu makanan yang bisa meningkatkan HDL dalam tubuh sudah tak diragukan lagi. Bahkan menurut American journal of lifestyle medicine, meski tidak meningkatkan HDL secara langsung, oatmeal terbukti bisa menurunkan LDL dalam tubuh.

Agar manfaat oatmeal lebih optimal, Anda bisa menambahkan buah-buahan. Pilih jenis buah berwarna yang diperkaya kandungan serat dan antioksidan, anthocyanin serta fitokimia yang bagus untuk kesehatan jantung.

Selain keenam makanan tersebut, makanan dan minuman seperti kacang almond, yogurt dan infused water juga bagus untuk meningkatkan HDL. Apapun makanan yang Anda pilih, sangat menentukan jenis kolesterol yang akan tersimpan di dalam tubuh. (ria)

LEAVE A REPLY