VIVA/Wahyu Firmansyah

IDNEWS.CO.ID – Lama tak tampil di layar kaca, aktor Rony Dozer baru-baru ini dikabarkan menderita selulitis. Penyakit ini ternyata telah menyerang kaki kanannya sejak 6 tahun lalu. 

Rony menceritakan, kakinya tiba-tiba saja bengkak sejak tahun 2014. Awalnya, kaki Rony bengkak hingga harus dirawat di rumah sakit. Selain bengkak, ia juga mengalami panas tinggi hingga sempat di opname. Dokter menyampaikan jika ada peradangan yang disebut dengan Selulitis.

“Ya awal terjadinya itu 2014 yang tadinya kaki kanan enggak bengkak tiba-tiba bengkak terus memerah, terus meriang 39 derajat, bedrest opname masuk rumah sakit. Menurut dokter ini peradangan, buang cairan di rumah sakit kurang lebih seminggu, keluar rumah sakit kempes kaki saya,” kata Rony di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Tapi, seperti apa sebenarnya penyakit selulitis dan apa penyebabnya? Seperti dilansir dari Healthline, selulitis adalah infeksi bakteri kulit yang umum dan kadang-kadang menyakitkan. Penyakit ini awalnya berupa area merah dan bengkak yang terasa panas dan lembek saat disentuh.

Kemerahan dan pembengkakan dapat menyebar dengan cepat. Penyakit ini paling sering mempengaruhi kulit kaki bagian bawah, meskipun infeksi dapat terjadi di mana saja di tubuh atau wajah.  

Selulitis biasanya terjadi di permukaan kulit, tetapi juga dapat mempengaruhi jaringan di bawahnya. Infeksi dapat menyebar ke kelenjar getah bening dan aliran darah.

Selulitis terjadi ketika beberapa jenis bakteri memasuki kulit melalui luka atau goresan. Bakteri Staphylococcus dan Streptococcus dapat menyebabkan infeksi ini.

Infeksi dapat dimulai pada cedera kulit seperti bekas terpotong, gigitan serangga, dan luka operasi. Gejala selulitis meliputi rasa sakit dan nyeri, di daerah yang terkena akan mengalami kemerahan atau radang kulit. Selain itu, kamu juga akan merasakan kulit merah atau ruam yang tumbuh dengan cepat

Selulitis bisa jadi serius ketika muncul, jika ada rasa gemetar, panas dingin, kelelahan, pusing segeralah hubungi dokter.

LEAVE A REPLY