Sate kambing Ibu Hj Bejo

IDNEWS.CO.ID – Presiden Joko Widodo terkenal akan kesederhanaannya, termasuk dalam hal makan. Meski menjabat sebagai orang nomor satu di Tanah Air, kalau soal makan, Jokowi pilih kuliner tradisional khas Nusantara.

Ia bahkan sering berkunjung ke restoran, kedai bahkan warung makan pinggir jalan untuk menikmati kuliner favoritnya. Termasuk ketika dirinya berkunjung ke kampung halamannya di Solo. 

Jokowi bahkan membuat sebuah vlog soal kuliner solo dalam chanel youtubenya. Dalam vlog yang diberi judul #JKWKULINER MAKAN-MAKAN DI SOLO ini orang nomor satu di Indonesia ini memberikan beberapa rekomemdasi makanan di Solo favoritnya. 

Berikut ini rekomendasi makanan favorit di Solo kesukaan Joko Widodo.

Ayam Goreng Mbah Karto

Ayam goreng ini memiliki tempat tersendiri di hati kakek Jan Ethes ini lantaran rasanya yang khas. Rasanya yang khas itu berasal dari proses marinasi ayam menggunakan santan. Yang mana ayam dimasak dengan santan dan berbagai bumbu selama satu setengah jam sebelum digoreng.

Selain itu, setiap ayam yang telah dibumbui, langsung digoreng dan tidak disimpan di lemari es. Sisa santan yang dipakai untuk mengungkep ayam tadi juga dikeringkan untuk dijadikan sambal. Wah enak banget nih kayaknya.

Soto Gading

Teletak di Jalan Brigjen Sudiarto No 75 Solo, semangkuk soto tanpa nasi dihargai Rp12 ribu. Lalu apa yang membuat soto ini begitu digemari Jokowi? Ternyata pilihan lauk yang beragam membuat soto ini begitu disukai Jokowi. Beberapa lauk yang ada mulai dari tempe, tahu, sate, perkedel dan masih banyak lagi.

Soto Triwindu

Soto yang namanya sama dengan pasar sebagai lokasi berjualannya ini juga jadi makanan favorit Jokowi ketika balik ke Solo. Yang membuat soto ini begitu istimewa adalah kuahnya, yang disebut pemilik lain daripada yang lain. Untuk semangkuk soto di sini terdiri dari nasi kemudian tauge, seledri, daging, ditaburi bawang goreng untuk lauknya dari daging, empal, paruh, otak, lida tempe, tahu, lento. Tapi kalau lauk kesukaan Jokowi untuk isi soto ini adalah tempe daun, garing, lidah goreng, dan paru goreng. 

Sate Kambing Bu Hj Bejo

Terletak di Kampung Lojiwetan, Solo Jawa Tengah, sate kambing yang terkenal dengan sate presiden ini juga memiliki tempat tersendiri bagi Jokowi meski diakui pemiliknya pihaknya hanya menggunakan bahan seperti penjual sate lainnya. Di sini ada beragam menu mulai dari sate daging, sate buntel, tongseng tengkleng, tongseng biasa, dan gulai. 

Rumah Makan Adem Ayem

Rumah makan legendaris yang telah buka selama 50 tahun ini menawarkan nasi gudeg Adem Ayem, ayam goreng, timlo, rawon, soto, bakmi goreng, dan nasi gudeg istimewa.

Timlo Maestro

Timlo ini merupakan sejenis sup ayam, namun campurannya dimodifikasi. Untuk isiannya terdapat empat macam, yaitu telur kecap, bebek kecap, sosis, dan ampela ati ayam. Timlo Maestro memiliki keunikan tersendiri, yaitu sosisnya yang terbuat dari tepung terigu. Untuk menu kesukaan dari Jokowi, adalah telur dan sosis. 

Gudeg Mba Yus

Menurut sang pemilik, yang membuat gudegnya berbeda dari yang lain, adalah penggunaan tahu yang digoreng tipis seperti karak (kerupuk). Untuk menu yang dijual di gudeg yang beralamat di Pasar Poni Solo ini antara lain, gudeg, bubur, ketan, lontong, ceker pedas, ceker manis. 

LEAVE A REPLY