Ilustrasi buah buahan penghancur batu ginjal. Foto: Klikdokter

IDNews.co.id – Batu ginjal adalah suatu kondisi dimana terbentuknya material keras yang menyerupai batu di dalam ginjal. Yang mana material ini berasal dari sisa zat limbah di dalam darah yang dipisahkan oleh ginjal dan mengendap sehingga mengkristal seiring waktu.

Disamping itu, suatu cara untuk mengatasi batu ginjal adalah cara menghancurkan atau meluruhkan batu ginjal di dalam darah. Adapun penghancuran batu ginjal bisa dilakukan dengan berbagai cara, baik obat kimia, terapi dan bahan alami. Namun bagi seseorang yang menghindari efek samping dari sebuah bahan kimia, bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk menghancurkan batu ginjal. Berikut adalah bahan alami yang bisa dimanfaatkan sebagai penghancur batu ginjal diantaranya:

Anggur

Anggur bermanfaat untuk meluruhkan batu ginjal, selain memiliki rasa enak dan juga segar anggur pun memiliki nutrisi yang bisa menyembuhkan penyakit secara alami. Salah satunya adalah batu ginjal. Untuk memanfaatkannya anda cukup dengan mengkonsumsi anggur beserta kulit dan bijinya.

Asparagus

Meski belum terlalu banyak diketahui masyarakat Indonesia, asparagus memiliki kandungan senyawa asparagin. Dimana senyawa ini berfungsi untuk memecah batu ginjal sehingga dengan mudah batu ginjal keluar dari saluran kandung kemih.

Bunga dandelion

Bunga dandelion adalah salah satu tumbuhan herbal yang memiliki fungsi untuk mengatasi batu ginjal. Memanfaatkannya anda bisa mengkonsumsi bunga dandelion dengan cara mengubahnya menjadi ramuan khusus.

Berry

Selain terkenal akan kelezatannya, buah berry memiliki kandungan manfaat untuk mengatasi penyakit ginjal.

Ceri

Ceri adalah jenis buah yang imut dan memiliki warna merah. Selain bisa digunakan sebagai hiasan, ceri juga memiliki manfaat untuk mengatasi penyakit ginjal.

Apel

Apel merupakan jenis buah yang memiliki rasa manis segar dan juga mengandung banyak sekali manfaat. Salah satunya adalah meluruhkan batu ginjal, dimana apel mengandung antioksidan tinggi seperti vitamin A dan vitamin C yang bisa meluruhkan adanya batu ginjal.

Cara mengkonsumsi buah apel agar meluruhkan batu ginjal bisa keluar anda cukup mengkonsumsi 2 buah apel segar secara rutin setiap hari.

Semangka

Selain disukai oleh banyak orang, semangka adalah buah yang mempunyai banyak kandungan air. Yang mana dengan banyak konsumsi buah semangka yang kaya akan air ini batu ginjal akan mudah luruh dari dalam saluran kandungan kemih. Tak hanya itu, konsumsi buah pula akan membantu membilas bagian dalam ginjal tanpa merasakan sakit.(ndi)

LEAVE A REPLY