IDNEWS.CO.ID – “Lockdown” kembali berlaku di seluruh kawasan Melbourne Metropolitan dan Micthell Shire selama enam minggu, mulai hari Kamis (9/7).

Premier Daniel Andrews mengatakan aturan pembatasan kembali ke tingkat tiga sebagai upaya mengurangi jumlah penularan.

Selain 31 kawasan yang masuk ke dalam Metropolitan Melbourne, pemberlakuan lockdown juga berlaku di area Micthell Shire yang meliputi kawasan Broadford, Kilmore, Seymour, Tallarook, Pyalong dan Wallan.

Dalam 24 jam terakhir kasus baru penularan mencapai 191 orang, dengan 37 diantaranya berhubungan dengan penularan yang sudah diketahui sebelumnya, sementara154 lainnya masih diselidiki.

Dengan tambahan kasus ini, maka di Victoria sekarang ada 772 kasus aktif.

Jenis pembatasan yang kembali diberlakukan di seluruh kawasan Melbourne dan Mitchell Shire

Mulai 8 Juli pukul 23.59, warga harus tinggal di rumah, kecuali untuk:

Belanja makanan dan keperluan penting lainnyaAlasan medis dan merawat orang lainBekerja dan sekolah, jika tak bisa dilakukan di rumah (hanya Kelas 11 dan 12 serta yang yang memerlukan kebutuhan khusus yang bisa ke sekolah)Berolahraga, tapi tidak diperbolehkan masuk ke kawasan yang dianggap hotspot

Pembatasan jumlah orang berkumpul:

Tidak boleh ada tamu ke rumahTidak boleh berkumpul lebih dari dua orang di tempat umumPernikahan dibatas hanya lima orangPemakaman dibatasi hanya 10 orangPasangan boleh saling mengunjungi

Bisnis:

Ritel, pasar, dan salon tetap boleh buka (dengan persyaratan) Kafe, restoran, pub, dan bar hanya boleh layani takeaway Stadion, food courts, tempat konser, kasino, rumah bordir, pusat kecantikan, akomodasi liburan, perkemahan, kolam renang, taman bermain, sauna, galeri, museum, dan kebun binatang, akan tutup kembaliInspeksi tempat tinggal hanya boleh dilakukan dengan mengajukan janji terlebih dahulu dan lelang dilakukan secara online

Aktivitas:

Memancing, tennis, golf, berselancar bisa berlanjut tergantung kondisiPusat olahraga dan kebugaran akan tutupPerayaan dan ibadah keagamaan hanya bisa disiarkan lewat radio, TV, atau online

Liburan:

Jika warga sedang berlibur, maka bisa meneruskannyaTidak boleh ada perjalanan liburan setelah pukul 23:59 di hari Rabu, 8 JuliTidak bisa mengunjungi rumah kedua di kawasan hotspot

“Dengan begitu tingginya kasus saat ini, hampir mustahil bagi petugas untuk bisa melakukan pelacakan guna menekan laju penyebaran virus, tanpa mengambil langkah yang penting,” katanya.

Premier Daniel mengatakan warga yang berperilaku seolah pandemi virus corona sudah selesai “adalah bagian dari masalah”.

50 Titik perbatasan NSW-Victoria akan dijaga polisi

Untuk pertama kalinya sejak pandemi flu Spanyol di tahun 1919, perbatasan antara negara bagian Victoria dan New South Wales akan ditutup mulai hari tengah malam nanti.

Polisi akan dikerahkan untuk memantau perjalanan dari Victoria ke NSW di sekitar 50 titik, antara lain jalan utama, jembatan dan perlintasan melalui sungai antar kedua negara bagian.

Komisioner Lintas Perbatasan, James McTavish mengatakan proses pengecekan terhadap warga akan sulit dilakukan, karenanya meminta agar warga bersabar ketika sistem perizinan diberlakukan. (ach)

LEAVE A REPLY