Underpass Mampang-Kuningan. Foto: Antara

IDNews.co.id – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta resmi melakukan dua uji cobalah underpass Mampang dan Matraman. Ditargetkan keberadaan underpass ini dapat mendukung mengurai kemacetan di Ibukota.

Sejak dilakukan uji cobalah, pada Rabu (11/4/2018), sejumlah pengendara underpass Mampang dianggap sanggup mengurangi kemacetan. Hal ini disadari berapa pengendara sepeda motor.

” Pasti saja bermanfaat kurangi macet. Sebelumnya bila pengen ke Rasuna Said di jalur ini macet banget, ” kata salah seorang pengendara motor.

Menurut pengendara motor beda, pembangunan undespass Mampang ini tak berlebihan alias tak buang-buang biaya karena dianggap bermanfaat. Apalagi bila bertujuan untuk kebutuhan ke depan.

” Tidak buang-buang sich. Apalagi bila ke depan untuk traffic yang semakin besar, ” katanya.

Sementara, underpass Matraman pernah memperoleh sorotan karena hari pertama uji cobalah pada Selasa (10/4/2018) dikeluhkan buat semrawut arus jalan raya. Kemacetan ini tampak dari Salemba ke Proklamasi.

Sejumlah pengendara termasuk sopir bemo mengaku keberdaan underpass Matraman mendukung mengurangi kemacetan. Seharusnya, memang jalur ini sudah ada underpass.

” Ya lumrah jalur sini ada underpass. Cuma ini kan baru tiga hari, jadi belum ketahuan faedahnya, ” papar sopir demo itu.

Sementara, pengendara motor beda menilainya memang masih ad kemacetan. Namun, saat pagi hari dari Salemba ke Proklamasi. Terkecuali itu, ada pengendara yang tak disiplin seperti memutar atau lawan arah yang buat lebih macet.

” Lebih dijaga saja sich, agar tidak lawan arah, putar balik. Itu yang buat lebih macet. Sia-sia bila underpass, ” kata pengendara motor itu.

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno mengatakan, uji cobalah jalan raya underpass Matraman-Salemba jauh dari ekspetasinya. Sandi mengharapkan underpass Matraman-Salemba dapat mengurai kemacetan sampai 30 persen.

Namun sesungguhnya, menurutnya, kemacetan malah bertambah sampai 100 persen menurut Sandi. Kemacetan ini terlihat dari Salemba ke Proklamasi.(ndi)

LEAVE A REPLY