Agar Anggaran Tidak Jebol saat Berbelanja Kebutuhan Lebaran
Agar Anggaran Tidak Jebol saat Berbelanja Kebutuhan Lebaran

IDNews.co.id – Mendekati Hari Raya Idul Fitri, pengularan untuk semua kepentingan hari raya cenderung membengkak. Dengan ramainya tawaran potongan harga murah banyak yang lalu tidak sadar sudah membelanjakan uang yang banyak, bahkan sampai harus merogoh tabungan.

Namun bukan bermakna Anda tidak dapat mengontrol pengeluaran untuk kepentingan lebaran. Ada beberapa cara agar pengeluaran tidak jebol saat belanja lebaran. Seperti diberitakan dari Bustle, seseorang penasihat keuangan dari Merrill Lynch, Mary McDougall, memberi beberapa saran biar biaya tidak jebol saat belanja.

1 Buat daftar belanja

Ketika belanja banyak orang bahkan tidak menyadari bahwa mereka mengeluarkan uang terlalu banyak. Itulah sebabnya, kata dia, membuat anggaran dan mengetahui apa yang Anda habiskan harus menjadi prioritas utama.

“Untuk mendapatkan kebiasaan mengelola berapa banyak yang benar-benar dihabiskan, satu triknya bisa dengan menggunakan sistem amplop, di mana Anda mengisi amplop yang berbeda dengan uang tunai pada saat Anda dibayar,” ujar Mary.

2. Gunakan uang tunai

Jangan pernah menggunakan kartu kredit saat berbelanja, kecuali untuk keperluan yang mendesam. Tindakan menarik uang secara fisik dan menggunakan uang itu justru akan membuat Anda semakin menghargai uang. Dengan demikian akan lebih mudah mengontrol dan melacak kemana uang Anda habis.

3. Tetap pada daftar belanja

Sebelum pergi belanja kebutuhan lebaran pastikan telah membuat daftar barang yang ingin dibeli. Anda harus bersikap tegas terhadap diri sendiri dan hanya membeli barang yang Anda butuhkan, yang tertulis di daftar Anda. Dengan mengikuti daftar kebutuhan ini, Anda akan lebih bisa mengontrol pengeluaran.

4. Belajarlah untuk lebih sadar

McDougall merekomendasikan menetapkan tujuan dan mendokumentasikan pengeluaran Anda untuk mengekang pengeluaran Anda.

“Sangat penting bahwa Anda menetapkan sasaran untuk diri sendiri dan menindaklanjuti untuk memastikan berhasil memenuhinha. Misalnya, katakan pada diri sendiri bahwa Anda akan menuliskan semua yang Anda habiskan karena dibelanjakan, jadi Anda mulai menyadari kebiasaan belanja buruk itu,” kata dia.

5 Jangan belanja saat sedang emosi

Membeli barang saat Anda merasa terlalu emosional bukanlah ide bagus karena Anda menggunakan belanja sebagai sarana kepuasan instan. Anda mungkin akan merasa lebih buruk setelah emosi itu hilang. (ndi)

LEAVE A REPLY