Hidupkan motor dengan kick starter. Foto: Dakwatuna

IDNews.co.id – Skuter matik alias skutik merupakan jenis motor yang masih jadi idola banyak orang di Tanah Air. Tetapi di balik itu, tahukah Anda ada berbagai teknologi yang disematkan agar membuat nyaman pengendaranya hingga makin disukai.

Salah satunya seperti yang tertanam pada skutik Honda, yakni teknologi Alternating Current Generator (ACG) starter. Starter tipe ini tidak lagi membutuhkan dinamo starter konvensional untuk memutar krukas dan menciptakan pembakaran awal.

Pada ACG Starter tidak adalagi dinamo starter konvensional dan mekanisme gigi penggeraknya. Alhasil skutik Honda saat ini bersuara halus saat tombol starter dipencet.

“Karena tidak ada lagi dinamo starter dan mekanisme gigi starter maka suara kasar akibat gesekan antar komponen bisa dikurangi. Suaranya lebih halus dan lebih minim getaran,” kata Endro Sutarno, Technical Service Training Instructor, PT Astra Honda Motor (AHM), seperti dikutip situs resmi Honda.

Cara kerja ACG starter sebenarnya sama seperti prinsip kerja alternator pada umumnya. Hanya bedanya, pada awal menekan tombol starter, putaran magnet digunakan untuk menghidupkan mesin.

Agar lebih mudah menghidupkan mesin, ACG starter juga didukung dengan dua komponen lainnya. Yaitu dekompresi dan swing back. Dekompresi berfungsi untuk mengurangi atau membocorkan kompresi saat awal melakukan starter, efeknya proses menghidupkan mesin jadi lebih ringan.

Sedang swing back adalah posisi kruk as yang berputar ke arah berlawanan sebelum starter diaktifkan. Gunanya untuk memberikan kesempatan pada piston mengambil ancang-ancang, sehingga mesin lebih mudah dihidupkan dengan daya lebih kecil.(ndi)

LEAVE A REPLY