IDNews.co.id – Setiap orang tentu ingin mendapatkan suhu kabin yang sejuk waktu mereka masuk kedalam mobil. Sayangnya, hal ini sulit untuk diwujudkan, terutama jika mobil diparkir di tempat terbuka waktu Matahari bersinar terik.

Umumnya, pengemudi menghidupkan pendingin udara atau AC lekas sesudah mereka masuk kedalam mobil. Tetapi, hal tersebut ternyata tidak disarankan, lantaran akan tidak mempercepat sistem pendinginan.

Dilansir dari Carscoops, Senin (7/8/2017), cara yang benar adalah dengan buka semuanya kaca mobil. Saat kendaraan mulai bergerak, hidupkan AC serta atur agar kipas berputar kencang.

Alasan menghidupkan AC waktu mobil bergerak yaitu supaya kondensor yang berada di depan radiator bisa terkena udara fresh, hingga sistem pendinginan jadi lebih maksimal.

Saat suhu AC mulai merasa dingin, tutup kaca jendela depan, namun biarkan kaca jendela belakang terbuka selama 20-30 detik. Ini berguna supaya sisa udara panas bisa keluar cepat dari kaca jendela belakang.

Pastikan juga circulation model atau model aliran udara di-nonaktifkan (atur supaya AC mendinginkan udara dari luar, bukanlah udara kabin yang disirkulasi).

Langkah ini untuk memastikan udara dingin bisa menggapai sampai ke jok sisi belakang. Jika model aliran diaktifkan, udara dingin akan disedot kembali sebelum mencapai sisi belakang. (ndi)

LEAVE A REPLY