Ilustrasi sampah plastik. Foto: Victory News

IDNEWS.CO.ID – Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengatakan, peraturan gubernur (Pergub) yang akan jadi basic hukum soal penggunaan plastik di Jakarta, akan selesai awal Agustus 2019.

Menurut Anies, Pemerintah Propinsi DKI Jakarta membuat ‘road map’ atau peta jalan pengurusan sampah-sampah di Jakarta sejak lama, termasuk rencana tentang cara mengatasi sampah plastik.

“Roadmap itu sudah hampir usai. Aku pikir bila bicara sasaran, mudah-mudahan awal Agustus itu semua (termasuk Pergub soal sampah plastik), sudah selesai,” kata Anies di Gedung DPRD DKI, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin (22/7/2019).

Sekarang ini, Anies menyampaikan, pengaturan road map telah hingga sampai di bagian akhir. Pemprov DKI Jakarta menjadikan permasalahan sampah plastik sebagai sisi dari road map utama tentang sampah. “Kita ini memposisikan permasalahan sampah plastik sebagai sisi dari road map komplet pengurusan sampah di Jakarta,” kata Anies.

Menurut Anies, hal tersebut akan membuat perlakuan sampah di Ibu Kota jadi menyeluruh. Hal semacam itu pun jadi pemicu realisasi dari konfigurasi sampah plastik di Jakarta memakan  waktu cukuplah lama, sejak direncanakan tahun lalu. “Jadi kita menentukan untuk mengendalikan tidak detail sekadar jenis sampah spesifik, tetapi total,” kata Anies.

Sebelumnya diberitakan, permasalahan sampah plastik di Jakarta jadi makin parah. Data Dinas  Lingkungan Hidup DKI memperlihatkan sampah masyarakat Jakarta yang masuk ke Tempat Pembuangan Sampah Paling akhir (TPST) Bantargebang, Bekasi, sudah mencapai 7.500 ton /hari. Sejumlah 1.000 ton atau sekitar 14 persen didominasi sampah plastik sekali gunakan. (fat)

LEAVE A REPLY