Terdakwa kasus dugaan pencemaran nama baik Ahmad Dhani Prasetyo.

IDNEWS.CO.ID – Terdakwa pencemaran nama baik dan penghinaan dalam vlog berujar ‘idiot’, Ahmad Dhani Prasetyo, dapat sedikit bernapas lega. Pengadilan Tinggi Surabaya mengkorting vonis hukumannya jadi tiga bulan penjara dengan periode uji-coba selama enam bulan. Vonis itu makin lebih gampang dibandingkan vonis di pengadilan tingkat pertama.

Vonis masalah Ahmad Dhani bernomor 1272/PID.SUS/2019/PT SBY itu tercantum dalam skema informasi pelacakan masalah (SIPP) Pengadilan Negeri Surabaya. Diputus pada Rabu, 6 November 2019, masalah disidang oleh majelis hakim, ialah hakim ketua PH Hutabarat dan dua hakim anggota, Agus Jumardo dan RR Suryowati.

Dalam keputusan, majelis hakim PT setuju dengan Pengadilan Negeri Surabaya jika terdakwa Dhani dapat dibuktikan secara resmi dan menekankan melakukan tindak pidana pencemaran nama baik dan penghinaan melalui perangkat elektronik yang dapat dibuka khalayak. Tetapi, PT tidak sama pendapat dengan PN masalah hukumannya.

Di pengadilan tingkat pertama, Dhani divonis hukuman penjara selama satu tahun. PT menjatuhkan hukuman tidak serupa dan makin lebih gampang, ialah tiga bulan penjara dengan periode uji-coba selama enam bulan. Punya arti, suami dari Mulan Jameela itu tidak butuh jalani tiga bulan hukuman.

“Pidana itu tidak butuh ditempuh terkecuali jika di waktu mendatang ada keputusan hakim yang memastikan lain dikarenakan karena terdakwa melakukan satu tindak pidana sebelum periode uji-coba selama 6 (enam) bulan selesai,” demikin bunyi amar keputusan terdaftar dalam SIPP.

Menyikapi keputusan PT itu, baik Jaksa Penuntut Umum atau faksi Dhani belum menyatakan sikap, terima atau kasasi ke Mahkamah Agung. Ke-2 faksi akui belum terima cuplikan keputusan itu dari PT. “Belum aku terima petikannya,” kata penasihat hukum Dhani, Aldwin Rahadian, pada Jumat, 8 November 2019.

Masalah itu berasal saat Dhani akan ikuti deklarasi #2019GantiPresiden di Tugu Pahlawan Surabaya, Jawa Timur, pada Minggu pagi, 26 Agustus 2018. Waktu itu, ia teradang demonstran Konsolidasi Bela NKRI di muka Hotel Majapahit, tempat ia bermalam. Waktu teradang itu Dhani ngevlog dan berujar ‘idiot’. Demonstran tersinggung lalu memperkarakan Dhani. (ria)

LEAVE A REPLY