Lahar dingin di kawasan Gunung Sinabung Kabupaten Karo.

IDNEWS.CO.ID – Hujan lebat menyebabkan lahar dingin di kawasan kaki Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Rabu, 10 Juli 2019 malam, sekitar waktu 19.00 WIB. Karena itu, sejumlah ruas jalan terputus dan sebuah puskesmas terbenang banjir.

“Ya, karena hujan lebat yang terjadi di lereng dan seputaran desa di sekitar Sinabung,” tutur Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Musibah Wilayah (BPBD) Karo, Natanail Perangin-angin, saat dilakukan konfirmasi wartawan Rabu (10/7/2019) malam.

Natanail sebutkan, efek lahar dingin akses jalan terputus, yaitu jalan ke arah Desa Perbaji. Lantas akses utama jalan ke Desa Kutambaru, dan jalan penghubung Tiganderket ke arah Kutabuluh dan sebaliknya di Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

“Sesaat jalan untuk ke arah masing-masing desa dilakukan melalui jalan lain atau jalan pilihan,” tutur Natanail.

Dia mengatakan, faksinya belum paham berapakah jumlahnya bangunan rusak karena lahar dingin itu. Sebab, faksi BPBD Karo masih melakukan pencatatan di tempat. Tidak ada korban jiwa dalam insiden ini.

“Bila rumah belum terdata. Namun dari relawan kita di lapangan satu puskesmas di Desa Kutambaru terbenang lumpur,” tutur Natanail.

Natanail menganjurkan orang untuk tetap hati-hati dan waspada. Lantas, untuk menjauhi semuanya akses yang masuk area merah Gunung Sinabung dengan radius 7 kilometer. (ndi)

LEAVE A REPLY