Polisi dorong pria tua hingga berdarah

IDNEWS.CO.ID –  Sebuah video beredar menunjukkan beberapa petugas polisi mendorong laki-laki paruh baya hingga jatuh. Akibatnya, telinga lelaki tua itu berdarah karena benturan keras saat terjatuh.

Video singkat ini ditangkap oleh stasiun TV lokal WBFO. Video ini pun menjadi viral di Twitter.

Dalam kronologi kejadian, terlihat pria tua itu mencoba mendekati rombongan petugas polisi yang lengkap dengan perlengkapan anti huru-hara. Para polisi tersebut sedang bertugas untuk membersihkan kerumunan warga di Niagara Square di Buffalo, New York, untuk menegakkan kebijakan jam malam di kota itu.

Pria yang belum diketahui identitasnya itu menghampiri seorang petugas sambil menunjukkan ponselnya kepada petugas lain. Akan tetapi, beberapa detik setelah dia mendekat, terdengar suara teriakan petugas, “Minggir!”. Petugas kemudian meneriakkan, “Dorong dia! Dorong dia!”

Terlihat ada dua polisi yang mendorong lelaki tua itu dan salah satu petugas menggunakan tongkatnya untuk mendorong pria tersebut hingga terjatuh. Lelaki itu sempat mundur beberapa langkah setelah didorong, namun dirinya tetap terjatuh dan tidak bergerak di tanah dengan mengeluarkan darah dari telinga kanannya.

“Dia berdarah di telinganya,” kata seseorang yang berteriak.

Saat ini, pria yang dikabarkan berusia 75 tahun itu sudah berada di rumah sakit dalam kondisi parah, namun masih stabil. Kabar tersebut diungkapkan oleh Wali Kota Buffalo, Byron W. Brown, dalam sebuah pernyataan.

Selain itu, Wali Kota Buffalo juga meminta kepada Komisaris Polisi kota untuk melakukan penyelidikan atas insiden tersebut dan menangguhkan kedua petugas tersebut tanpa membayar upahnya sambil menunggu hasil penyelidikan.

“Saya sangat terganggu dengan video itu, seperti juga Komisaris Polisi Buffalo, Byron Lockwood,” kata Brown, seperti dikutip Buzz Feed News, Jumat 5 Juni 2020.

Lebih lanjut, wali kota menegaskan bahwa aksi demonstrasi setelah jam malam adalah tindakan ilegal. Ia pun telah mencatat bahwa ada 2 kelompok pendemo yang terlibat pertengkaran fisik sebelum insiden polisi mendorong pria tua.

Sementara itu, Gubernur New York, Andrew Cuomo, mengutuk keras insiden ini. “Sepenuhnya tindakan ini tidak dapat dibenarkan dan benar-benar memalukan,” ujarnya. (ach)

LEAVE A REPLY