Ilustrasi bayi menangis Foto: Dream

IDNEWS.CO.ID – Setiap bayi yang baru dilahirkan pasti suka menangis. Menurut ilmu medis, menangis adalah hal normal, tapi menurut Rasulullah SAW, ada alasan kenapa bayi suka menangis ketika dilahirkan.

Dalam hadis dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda: “Tidak ada seorang bayi pun dari anak Adam yang terlahir kecuali ia pasti terkena tusukan dari setan sehingga bayi itu menangis dan menjerit karenanya, kecuali Maryam dan putranya.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Tujuan setan menusuk bayi yang baru lahir agar kelak ketika dewasa nanti ia menjadi pengikut setia setan. Dia akan menjadi orang yang suka melakukan perbuatan buruk dan enggan melakukan perbuatan baik.

Oleh karena itu, Rasulullah SAW menyuruh umatnya untuk mengumandangkan adzan di dekat telinga kanan bayi dan diqamatkan dekat telinga kiri bayi, agar terhindar dari bisikan setan.

Rasulullah SAW bersabda: “Ajarkanlah kalimat ‘Laa ilaaha illallah’ kepada anak-anakmu sebagai kalimat pertama yang mereka dengar.” (HR. Al-hakim).

Sementara menurut beberapa keterangan, bayi yang baru lahir menangis karena dikejutkan dengan apa yang akan dihadapinya di alam dunia nanti.

Bayi memiliki hati yang masih fitrah atau suci. Jadi mereka bisa melihat apa yang akan dihadapi nanti. Mereka takut disibukan dengan urusan dunia yang dapat melupakannya kepada Allah.

Pada hakikatnya semua manusia itu ingin meninggal dalam keadaan beriman agar bisa kembali kepada Allah. Tapi kehidupan dunia yang begitu bergelimang telah banyak membuat umat manusia lupa kepada Allah.

LEAVE A REPLY