Brigjen Argo Yuwono

IDNEWS.CO.ID – Jabatan Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri sampai saat ini masih belum terisi waktu diangkatnya Jenderal Idham Azis sebagai Kapolri. Jabatan orang nomor satu Polri di bidang reserse ini sudah tak berpenghuni selama sebulan.

Terkait hal tersebut, Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigadir Jenderal Polisi Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, faksinya masih menanti Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti) kerja. Didapati jika Wanjakti yang dipimpin Wakapolri ini akan memastikan urutan beberapa perwira tinggi (pati) Polri.

“Tentu saja kita masih menanti dari Wanjakti. Wanjakti masih kerja,” kata Argo di RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, Senin, 2 Desember 2019.

Argo menjelaskan, Wanjakti ini kedepannya tidak cuma kerja untuk memastikan jabatan Kabareskrim. Tapi, tetapi beberapa pati Polri yang akan mengggantikan beberapa pati yang lain yang masuk jaman pensiun.

“Jadi tidak sendirian saja mutasi (Kabareskrim). Kelak ada sejumlah (pati) yang pensiun akan dimutasi,” katanya.

Sebelumnya, Kadiv Humas Polri Inspektur Jenderal Polisi Mohammad Iqbal mengatakan, semua polisi berbintang dua dan tiga berpotensi jadi Kabareskrim. Ia mengharap proses penentuan Kabareskrim baru dapat segera selesai.

“Semua semua bintang dua dan bintang tiga berpotensi seluruhnya berpeluang,” tutur Iqbal.

Molornya pemilihan Kabareskrim ini pun sudah memperoleh perhatian dari DPR terutama Komisi III. Wakil Ketua Komisi III, Ahmad Sahroni mengatakan, lambatnya Idham menentukan Kabareskrim karena jabatan itu sangatlah strategis. Idham, dinilainya perlu orang yang tepat. (ndi)

LEAVE A REPLY