Andrea Dian Foto: IDN Times

IDNEWS.CO.ID – Kabar kurang mengenakkan datang dari artis Andrea Dian. Istri Ganindra Bimo ini mengumumkan positif terjangkit virus corona atau Covid-19. Lewat Instagram pribadinya, Andrea menjelaskan bagaimana dirinya bisa terpapar virus tersebut.

Sebelumnya, Andrea mengaku didiagnosa mengidap penyakit demam berdarah (DBD). Selain itu, wanita yang sering membagikan konten olahraga ini juga meminta agar masyarakat senantiasa mengikuti aturan pemerintah untuk tetap di rumah jika tidak ada urusan mendesak.

Sebelum dinyatakan positif virus corona atau Covid-19, Andrea Dian mengaku sempat mengalami demam tinggi pada 13 Maret 2020 lalu. Dalam kondisi tersebut, wanita 34 tahun ini didiagnosa mengidap penyakit demam berdarah dan langsung rawat inap.

Selang dua hari kemudian, kondisi tubuh Andrea mulai fit namun tetap dikhawatirkan oleh pihak rumah sakit. Oleh karena itu, Andrea diminta untuk scan paru-paru dan hasilnya terdapat flek pada bagian kanan dan kiri. Karena ada flek, Andrea lantas diminta untuk cek apakah dirinya mengidap virus corona atau tidak. Hasi tes yang dijalankan pada 16 Maret 2020 itu menyatakan bahwa Andrea positif virus corona.

“Dan waktu scan paru, ada flek di kanan dan kiri. Karena ada flek maka besoknya tanggal 16 Maret aku cek swab untuk tes apakah aku terinfeksi virus Covid-19 apa tidak. Baru tanggal 18 Maret aku dikasih kabar kalo aku positif Covid-19,” ungkap Andrea Dian lewat Instagram yang diunggah pada Minggu, 22 Maret 2020.

Mendengar hal tersebut, Andrea langsung dipindahkan ke rumah sakit khusus penanganan virus corona untuk diisolasi. Karena mengidap auto imun, wanita asal Jakarta itu memiliki tuntutan untuk menjaga kondisi imunnya. Kini, Andrea tengah dirawat di sebuah kamar rumah sakit bersama lima pasien positif Covid-19 lainnya dengan kondisi yang berbeda-beda. Meski mengaku sehat dan tidak ada keluhan, Andrea menyebut masih banyak pasien lain yang kondisinya tidak seperti dirinya.

“Aku sekarang ada di sebuah ruangan bersama 5 pasien positif lainnya dengan kondisi berbeda. Aku sehat dan tidak ada keluhan apapun. Tapi di ruangan ini beberapa temen tidak dengan kondisi sebaik aku. Perawat dan dokter di sini sangat ramah dan membantu. Tapi aku lihat sendiri bagaimana mereka sangat kuwalahan menghadapi banyaknya pasien, baik yang positif maupun yang suspect,” tuturnya.
Selain itu, pemeran Pesantren Rock n Roll ini juga menjelaskan kondisi pasien Covid-19 lain yang masih banyak tidak mendapatkan perawatan yang layak karena jumlah yang membeludak. Seperti tidur di bangsal atau bahkan kontainer, kekurangan alat kesehatan yakni hand sanitizer, tissue, sabun, dan air minum.

“Aku cukup beruntung mendapatkan tempat tidur, walau fasilitas kamar yang seadanya. Tapi di luar masih banyak yang tidak dapat tempat istirahat yang layak. Beberapa pasien bilang ada yang tidur di bangsal, bahkan di konteiner. Yang juga penting adalah penanganan pasien yang membludak. Kami semua, baik pasien atau tenaga kesehatan di sini butuh pertolongan. Butuh peralatan yang layak dan system yang jelas,” ujarnya.

Meski sempat stres dan bingung, Andrea tetap menjalani isolasi dengan positif dan semangat demi orang-orang terkasih. Untuk itu, Andrea menghimbau masyarakat untuk tetap mematuhi kebijakan pemerintah untuk tetap di rumah. Hal ini karena Covid-19 bukan suatu virus yang diremehkan, apalagi dengan kondisi rumah sakit dan tenaga kesehatan yang kini terbatas.

“Pandemi ini nyata, dan virusnya ada di sekitar kita. Ikuti himbauan pemerintah dan berusaha disiplinn #DiRumahAja, jaga jarak, karantina diri sendiri sesuai arahan. Daya tampung dan kapasitas tenaga kesehatan kita terbatas. Mereka pun beresiko terpapar virus. Saling jaga, saling sayang kita bisa melewati sistuasi ini kalau kita bersama-sama dan peduli,” pungkas Andrea Dian. (ria)

LEAVE A REPLY