Ilustrasi

IDNEWS.CO.ID – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan pengaturan tempat hasil reklamasi memang tidak dia ulas dalam Perancangan Ketetapan Wilayah Zonasi Pulau.

Anies mengatakan, pengaturan hasil reklamasi selanjutnya akan diulas dalam Ide Tata Ruang Daerah dan Ide Terperinci Tata Ruang. Dia menilainya reklamasi tidak termasuk dalam pembahasan karena Pulau Reklamasi termasuk sisi daratan Jakarta.

“Sewaktu pembahasan Perda untuk daratan, itu dalam frame Perda tentang RTRW dan RDTR. Karenanya kelak beberapa dari bahan-bahannya justru diulas di RDTR,” tutur Anies Baswedan di Gedung DPRD DKI Jakarta, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin (24/6/2019).

Anies mengatakan, selanjutnya akan ada pergantian rencana pembangunan karena proses reklamasi di stop. Salah satunya rencana yang di ubah merupakan Ide Pembangunan Waktu Menengah Wilayah dan RTRW yang mesti dalam peta wilayah Jakarta.

Selanjutnya RTRW dan RDTR akan mengkaji empat pulau hasil reklamasi yang sudah terjadi, tapi saat ini masih dalam proses pembahasan faksinya.

“Semua pengaturan daratan, yang sudah jadi daratan seluruhnya akan diulas melalui RDTR. Ini pun salah satunya syarat untuk pastikan jika nomer satu reklamasi sudah tidak masuk dalam RPJMD. Jika tidak masuk dalam RPJMD artinya ia tidak dilaksanakan,” imbuhnya.

“Selanjutnya yang kedua dalam koreksi RTRW saat ini RTRW yang lama dalam peta wilayah Jakarta ada 17 pulau di peta itu. Karenanya kelak dalam koreksi tinggal empat yang masih ada dan yang sudah ada,” tutup Anies. (fat)

LEAVE A REPLY