Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

IDNEWS.CO.ID – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan mal-mal di ibu kota tidak akan segera dibuka pada awal Juni 2020. Ada rencana yang beredar bahwa mal akan buka usai Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) periode ketiga di DKI rampung pada Kamis pekan depan, 4 Juni 2020.

Anies menegaskan sejauh ini belum ada keputusan situasi Jakarta normal lagi. Bahkan, sepekan sebelum PSBB berakhir, Pemprov DKI juga belum mengambil keputusan.

“Jadi, saat ini kalau ada yang mengatakan bahwa mal akan buka tanggal 5, mal akan buka tanggal 7, itu imajinasi, itu fiksi,” ujar Anies dikutip dari YouTube Pemprov DKI pada Rabu, 27 Mei 2020.

Anies menyampaikan pada tanggal itu, bisa saja kemungkinan PSBB kembali diperpanjang jika angka Corona masih tinggi di Ibu Kota. Lagipula, Pemerintah sejauh ini juga belum memutuskan tanggap masa darurat Covid-19 berakhir dengan selesainya PSBB periode ini.

“Belum ada aturan mana pun yang mengatakan PSBB diakhiri,” ujar Anies.

Kemudian, ia juga mengemukakan Pemprov DKI mencermati kurva perkembangan kasus Corona selama penerapan PSBB. Menurutnya, bisa jika PSBB berakhir sehingga berdampak dibukanya lagi mal dan tempat umum lain. Dengan syarat kasus Corona di Jakarta memperlihatkan angka menurun.

“Saya selalu mengatakan PSBB ini bisa PSBB penghabisan, tapi bisa juga diperpanjang. Tergantung pantauan atas kegiatan masyarakat selama dua minggu,” ujar Anies.

Seperti diketahui Pemprov DKI memberlakukan PSBB periode ketiga hingga Kamis, 4 Juni 2020. Awal PSBB diterapkan kali pertama di Ibu Kota selama dua pekan sejak Jumat, 10 April 2020 sampai Kamis, 23 April 2020. Merujuk angka Corona di Ibu Kota belum turun, PSBB periode kedua pun diperpanjang selama 28 hari sehingga sampai 22 Mei 2020.

Pun, mal-mal di Ibu Kota disebut Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) rencananya kembali beroperasi secara bertahap pada Jumat, 5 Juni 2020 dan Senin, 8 Juni 2020. (fat)

LEAVE A REPLY