Gold tequila shots with lime fruits on wooden background

IDNEWS.CO.ID – Riset yang dipresentasikan pada pertemuan American Chemical Society menunjukkan bahwa minum sedikit tequila dapat membantu menurunkan berat badan.

Para peneliti mengatakan bahwa pemanis dalam tequila yang disebut agavins sebetulnya dapat membantu menurunkan berat badan.

Ini bukan pertama kalinya tequila dipuji karena manfaat kesehatannya. Tequila ialah satu-satunya alkohol yang bisa Anda minum saat Anda tengah menjalankan diet keto.

Tequila dibuat menggunakan tanaman agave, yang memiliki kandungan gula yang disebut agavins.

Gula sederhana di banyak produk makanan dapat meningkatkan gula darah Anda, efek inilah yang menghubungkan banyak gula tambahan dengan penyakit seperti diabetes tipe 2.

Akan tetapi, gula di agave yang disebut agavins tidak bisa dicerna, artinya tidak meningkatkan gula darah Anda waktu mengonsumsinya.

Para peneliti menguji agavin pada tikus, walau tidak dalam bentuk tequila. Tikus-tikus itu tetap sadar dan agavins ditambahkan dalam bentuk yang lebih murni ke air minum mereka. Tikus yang ditambahkan agavins ke air mereka berakhir dengan kadar gula darah yang lebih rendah.

“Ini menempatkan agavins dalam posisi yang luar biasa untuk dikonsumsi oleh orang dengan obesitas serta diabetes,” kata para peneliti.

Jadi bisakah tequila, yang idealnya dibuat dengan 100 % agave, membantu Anda menurunkan berat badan?

“Saya pikir temuan tentang hubungan antara agavins dan penurunan berat badan pada tikus menarik. Tetapi mari kita menempatkan ini dalam perspektif. Agavins dan tequila ialah hal yang sangat berbeda – seperti halnya tikus dan manusia,” jelas pakar diet terdaftar, Jenny Friedman.

Agavins bukan satu-satunya hal yang Anda konsumsi saat Anda minum tequila. Anda juga mengonsumsi alkohol, yang bukan merupakan suplemen penurun berat badan. Maka bila Anda minum tequila dalam koktail, kemungkinan ada banyak gula tambahan serta komponen dalam minuman itu.

(ndi)

LEAVE A REPLY