Ilustrasi sikat dengan pasta gigi arang

IDNEWS.CO.ID – Charcoal atau arang aktif yang kini makin marak digunakan disebut mampu memberi manfaat baik bagi kesehatan. Bukan hanya dijadikan tambahan dalam makanan, charcoal juga dijadikan untuk perawatan tubuh seperti masker, pasta gigi dan pembersih wajah.

Namun, arang yang dimaksud di sini bukanlah arang yang digunakan untuk membuat bara api, melainkan karbon atau zat arang yang dihasilkan dari bahan-bahan alami. Pemakaian charcoal ternyata mampu menentralisir racun serta mengatasi diare.

“Kandungan karbon aktifnya serap racun di tubuh dan dikeluarkan secara alami sehingga berfungsi sebagai detoksifikasi tubuh. Serta bisa menyerap racun pemicu diare,” ujar spesialis farmakologi klinis, dr. Tulus Satriasih, Sp.FK., dalam acara Ayo Hidup Sehat di tvOne, Selasa 13 Agustus 2019.

Begitu pula dengan fungsi charcoal yang mampu menyerap bakteri di kulit wajah sehingga ampuh menjaga kesehatannya. Bahkan, ia juga bekerja dengan cara masuk ke pori-pori kulit lalu mengikis aroma tubuh yang kurang sedap.

“Partikel aktif dari charcoal masuk ke pori-pori kulit kemudian serap bakteri yang sebabkan bau badan. Partikel aktifnya juga bekerja angkat sel mati kulit sehingga kulit lebih sehat,” paparnya.

Kandungan baik di dalam charcoal juga berperan mengurangi plak di gigi sehingga memberi efek memutihkan. Namun, pemakaian yang berlebihan bisa mengikis gigi.

“Penggunaan yang aman yaitu charcoal sudah dalam bentuk kemasan seperti sebagai masker atau scrub dan obat. Jangan gunakan secara bersamaan dengan obat lain karena dapat ganggu efektivitas obat,” jelasnya. (ldp)

LEAVE A REPLY