Donald Trump. Foto: CNBC.com

IDNEWS.CO.ID – Meluasnya larangan penggunaan pesawat Boeing 737 Max 8 akhirnya direspons Amerika Serikat. Presiden AS, Donald Trump mengeluarkan perintah darurat agar semua 737 Max 8 dikandangkan.

Dilansir dari theguardian, Kamis (14/3/2019), Trump menekankan tragedi fatal Ethiopia Airlines pada Minggu 10 Maret 2019 menjadi catatan otoritas AS.

“Pesawat-pesawat yang ada di udara akan di-grounded jika mereka adalah 737 Max. Di-grounded setelah mendarat di tujuan mereka,” kata Trump kepada wartawan di Gedung Putih, Washington, AS.

Trump menekankan dengan pengandangan Boeing 737 Max 8 ini pihaknya ikut menyoroti pentingnya keselamatan rakyat Amerika. Beberapa kali kecelakaan termasuk di Ethiopia juga menjadi evaluasi untuk boeing.

Sebelumnya, AS masih berbeda dengan membiarkan Boeing 737 Max 8 terus terbang. Padahal, sejumlah negara mengeluarkan kebijakan larangan terbang terhadap jenis pesawat itu.

Kebijakan larangan sementara sudah dilakukan sejumlah negara mulai Indonesia, Inggris, China, Ehiotpia. Kemudian, Kanada ikut bergabung dengan daftar negara-negara yang mengandangkan pasca insiden maut Ethiopian Airlines yang menewaskan 157 orang. (ach)

LEAVE A REPLY