Pertemuan Donald Trump dan Kim Jong-un di Singapura. Foto: Reuters

IDNews.co.id – Duta Besar Amerika Serikat untuk Perserikatan Bangsa Bangsa, Nikki Haley mengatakan , AS tidak ingin tunggu terlalu lama untuk Korea Utara, untuk ambil langkah menuju denuklirisasi.

” Ini semua ada pada tangan Korea Utara. Mereka mesti memahami kalau warga internasional menginginkan denuklirisasi dan kami tidak bersedia tunggu terlalu lama, ” kata Haley, seperti dilansir Reuters, Kamis (9/8/2018).

Penasehat keamanan nasional Gedung Putih, John Bolton mengatakan Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo siap kembali pada Korea Utara, untuk melakukan pertemuan dengan pemimpin Kim Jong-un.

Haley mengatakan , Pompeo sudah menyampaikan tuntutan Amerika yang solid terhadap Korut, dan kalau Washington tidak akan melemah atau mengurangi sangsi pada Pyongyang.

Disamping itu, Rusia dan China, juga sudah menganjurkan terhadap Dewan Keamanan PBB untuk bisa membicarakan sanksi-sanksi yang lebih longgar pada Pyongyang , setelah pertemuan Trump dan Kim di Singapura pada 12 Juni lalu .

” Ini akan jadi proses yang panjang, kami kenal ini tidak akan terjadi dalam tadi malam. Kita mesti melihat denuklirisasi terjadi dan kita tidak akan berhenti hingga sampai mendapatkan nya, ” tegas Haley. (ndi)

LEAVE A REPLY