Memilih makanan untuk anak kadang menjadi kasus sulit, terutama saat anak sedang dalam masa pertumbuhan. Tidak hanya yang sehat, pada musim-musim pancaroba yang menciptakan cuaca tidak menentu, Ibu pun diharuskan menentukan materi makanan untuk daya tahan badan anak.

Untuk memudahkan Ibu, berikut daftar makanan super yang harus diolah dalam makanan anak untuk memenuhi semua kebutuhan nutrisi, membantu pertumbuhan dan perkembangan dan tentu saja meningkatkan kekebalan tubuh.

Telur
Direbus atau pun orak – arik, telur sangat serbaguna. Telur yakni sumber protein kelas satu. Bahkan kuning telur yakni gudang vitamin dan mineral vital yang penting untuk dikonsumsi anak Ibu. Ibu mendapat banyak antioksidan dari kuning telur juga.

Baca juga : Manfaat Telur Puyuh untuk Bayi dan Anak

Salmon
Banyak alasan untuk memenuhi piring anak dengan ikan. Salmon kaya akan asam lemak omega 3 yang membantu dalam perkembangan otak, penglihatan dan juga mempunyai sejumlah manfaat kesehatan lainnya. Selain itu, salmon juga merupakan makanan untuk daya badan anak.

Baca juga: Ikan Kembung untuk Makanan Bayi

Kacang-kacangan
Sertakan semua varian  kacang pada anak. Pistachio, kenari, kismis, kurma, buah ara kering dll. Tawarkan anak segenggam kacang-kacangan yang sudah lulus tes alergi. Jika anak menolak mengunyahnya, beri mereka buah kering atau kacang chicki sebagai camilan.

Berry
Ukuran tidak masalah. Buah berry berwarna-warni kecil dan imut ini sangat tinggi kandungan nutrisinya. Tambahkan berry ke piring salad anak atau ke dalam jusnya. Berry juga mempunyai manfaat tersembunyi lainnya

Baca juga : Manfaat Stroberi untuk Makanan Bayi

Tiram
Zinc sangat penting dalam membantu meningkatkan kekebalan tubuh, membangun protein, berfungsinya sel dan juga memperbaiki DNA. Tiram memperlihatkan seng dengan jumlah  berlimpah.

Baca juga: Kerang untuk Makanan Bayi
 

Buah Berwarna
Jangan hanya membatasi hidangan buah anak dengan apel, pisang dan jeruk. Ingat, warna buah semakin gelap dan dalam mempunyai nutrisi yang semakin baik.  Makara silakan pilih dari aneka macam buah beri, melon, delima, persik dan banyak lagi.

Baca juga : Buah Delima untuk Makanan Bayi

Sayuran hijau
Bayam dan fenugreek yakni sumber asam folat dan seng yang kaya dan juga memberi jejak vitamin. Cobalah sayuran lainnya juga. Sayuran hijau merupakan makanan untuk daya tahan badan anak yang membantu  dalam perbaikan DNA juga.

Baca juga : Sayur untuk Makanan Bayi

Sayuran Keluarga Kubis
Jangan lupakan keluarga kubis yang mencakup kembang kol, brokoli, kol merah. Selain mempunyai sifat anti-kanker, sayur ini juga dikenal untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Baca juga : Manfaat Kubis Merah untuk Makanan Bayi

Sayuran berwarna
Penting bagi anak untuk mengonsumsi sayuran berwarna-warni lain. Jangan hanya membatasi makanan anak hanya dengan sayuran hijau. Ibu harus lebih kreatif dalam mengolah makanan untuk daya tahan badan anak dengan memasukkan wortel, bit,  tomat, kentang manis. Buah-buahan ini kaya sumber antioksidan.

Biji-bijian utuh
Alih-alih memperlihatkan anak dengan roti-rotian yang hanya terbuat dari tepung gandum atau tepung beras, cobalah dengan mengatakan anak biji-bijian utuh menyerupai gandum. Hal ini memastikan asupan serat dan nutrisi lebih baik.

Yoghurt
Jika yogurt polos tidak menarik minat anak, maka Ibu sanggup memberinya rasa. Yoghurt penuh dengan probiotik. Bakteri yang baik berjuang dan menghentikan kolonisasi basil jahat di perut dan membantu menjaga anak dari jerawat perut dan dalam keadaan sehat.

Baca juga : Manfaat Yogurt untuk Makanan Bayi

Bawang putih & bawang merah
Meskipun materi makanan untuk daya tahan badan anak satu ini menciptakan anyir mulut, tapi bawang putih dan bawang sanggup membantu melawan basil H.pylori di perut.  Mintalah bayi untuk membilas lisan atau sikat sesudahnya. Dengan cara ini Ibu juga menanamkan kebiasaan oral yang baik.

Demikianlah daftar makanan untuk daya badan anak yang sanggup Ibu coba. Mengombinasikan dua atau lebih banyak materi akan lebih bagus, sehingga kekebalan badan anak akan terjaga dan ia tidak simpel sakit.