ANTISIPASI BENCANA - Anggota tim membentangkan spanduk tentang larangan membakar hutan dan lahan.

IDNEWS.CO.ID –  Kabupaten Balangan kini ditetapkan sebagai daerah dengan siaga kebakaran lahan dan hutan seiring dengan tibanya musim kemarau dan kekeringan yang ditandai dengan pembukaan posko pencegahan dan penanganan kebakaran selama 24 jam.

Kasi Kedaruratan BPBD Kabupaten Balangan Muhammad Syuhada di Balangan, Kalsel, Rabu (9/9/2020), mengatakan bahwa anggota tim reaksi cepat (TRC) BPBD Balangan kini secara bergiliran siaga di posko.
“Saat ini musim kemarau dan kekeringan mulai terjadi, biasanya kondisi tersebut memicu terjadinya kebakaran hutan dan lahan, sehingga posko kami aktifkan kembali,” kata dia.
Pengaktifan posko tersebut juga sebagai upaya mengantisipasi bencana karhutla, kabut asap dan kekeringan di Kabupaten Balangan. “Sejak ditetapkan siaga karhutla hingga saat ini anggota terus aktif siaga selama 24 jam di posko,” kata dia.
Bencana karhutla, kata dia, bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Sehingga melalui posko 24 jam diharapkan bisa mengantisipasi dan menangani bencana dengan cepat.
Selain membuka posko, anggota BPBD juga selalu rutin melaksanakan sosialisasi serta pemantauan, baik itu karhutla, cuaca, debit air sungai secara langsung bersama instansi terkait.
Tim juga melakukan sosialisasi tentang larangan membuka lahan dengan cara membakar, langsung kepada masyarakat maupun petani pemilik lahan.
“Kami juga melakukan pantauan karhutla di ketinggian, serta setiap hari anggota melaporkan kondisi debit air Sungai Balangan,” kata Syuhada. (ndi)

LEAVE A REPLY