IDNews.co.id – Sebuah bandara di Saudi Arabia tawarkan layanan baru. Mereka memberi layanan untuk pekerja domestik yang datang dari luar negeri serta mengantarkan segera ke tempat tinggal majikan. Tindakan ini akan buat mereka aman dibanding mereka pergi sendiri.

The Riyadh Airports Company, perusahaan pengelola Bandara Internasional King Khalid Saudi Arabia menyampaikan gambar iklan tersebut di akun Twitter resmi mereka. Diberitakan oleh BBC, gambar tersebut, tampak ruangan kabin pesawat yang segera berdampingan dengan ruang didalam rumah satu buah keluarga. Di iklan itu tertulis, ” Dengan layanan Tawsalak, kami terima pekerja domestik Anda serta mengantarkannya segera ke rumah Anda. ”

Layanan itu dapat dibuka melalui telepon serta membayar beberapa uang sampai pekerja domestik yang disebut diantarkan sampai ke rumah.

Tawaran itu memperoleh berbagai tanggapan dari warganet Arab Saudi. Beberapa mengganggap tawaran itu begitu mempermudah karna buat mereka tidak butuh sekali lagi kebingungan mencari calon pekerja domestik mereka di keriuhan bandara, sementara pemakai beda berasumsi tawaran itu jadi merendahkan.

” Apakah Anda berasumsi mereka yaitu barang? ” tanya seorang warganet, sementara yang beda berasumsi cara tersebut dilakukan untuk mencegah pekerja domestik melarikan diri.

Kerajaan Saudi terima ratusan ribu pekerja domestik dari semua luar negeri, umumnya dari mereka datang dari negara Asia selatan seperti Bangladesh. Semua pekerja asing di Saudi harus memperoleh ijin sponsor, baik untuk masuk atau keluar dari negara itu. Perlu saat sampai enam bulan untuk mengurusi visa ke Arab Saudi.

Kelompok pegiat hak asasi manusia seringkali memprotes nasib pekerja asing yang menyedihkan serta tidak sanggup meninggalkan negara itu karna tidak beroleh izin dari majikannya. Ketika mereka melarikan diri, potensi terjerat dalam pasar gelap perdagangan manusia terbuka lebar karna mereka tidak dapat meninggalkan negara itu berdasarkan aturannya. (ndi)

LEAVE A REPLY