Sutiyoso

IDNEWS.CO.ID – Mantan Gubernur DKI Jakarta, Sutiyoso mengatakan, menjalankan tugas sebagai gubernur bukanlah hal mudah. Ia berharap, DKI Jakarta segera mempunyai wakil gubernur untuk membantu Anies Rasyid Baswedan.

“Waktu saya jadi gubernur, ada wakil empat. Itu saja sudah kewalahan. Apalagi sekarang, enggak punya. Satu tahun terlalu lama,” kata pria yang akrab disapa Bang Yos di ILC, Selasa malam (13/8/2019).

Meski begitu, ia enggan masuk dalam polemik wakil gubernur saat ini, yang membuat Anies tak punya wakil. “Enggak ngerti, kenapa terjadi,” ucapnya.

Purnawirawan TNI ini mengungkapkan, pemerintahan di eranya berbeda dengan saat ini. Ia menjabat di era orde baru hingga era awal reformasi, hingga mengalami lima kali pergantian Presiden.

“Zaman orde baru, gubernur itu powerfull. Setelah reformasi, dominasi gubernur pindah ke DPR,” ujarnya.

Mantan anggota Kopassus ini mengingatkan untuk menjadi gubernur DKI Jakarta, tidak mudah dan tidak bisa disamakan dengan gubernur daerah lain, karena Jakarta merupakan ibu kota negara. Sehingga, apa yang terjadi di Jakarta menjadi cermin negara.

“Yang diurus Gubernur Jakarta dari RI 1 sampai tukang batu. Dari urusan nasional hingga urusan internasional,” katanya. (fat)

LEAVE A REPLY