Bird Box Foto: Book Riot

IDNEWS.CO.ID – Bird Box jadi film original Netflix yang banyak diperbincangkan belakangan. Netflix mengklaim, sudah lebih dari 45 juta orang menonton Bird Box selama pekan perdananya.

Film ini menceritakan tentang Malorie (Sandra Bullock) yang mencoba bertahan hidup dengan dua anaknya, Boy dan Girl, dari makhluk aneh yang membuat siapa pun yang melihatnya akan melakukan bunuh diri.

Sepanjang film, makhluk asing itu memang tak diperlihatkan dengan jelas. Film ini hanya memvisualisasikan kedatangan makhluk itu dengan bayangan hitam dan hembusan angin kencang.

Seniman efek spesial Andy Bergholtz membagikan sejumlah foto di Instagramnya dan mengungkap seperti apa penampakan makhluk aneh di Bird Box seharusnya. Makhluk itu sebenarnya muncul di mimpi buruk Malorie, namun sayangnya, adegan tersebut harus dipotong.

“Dengan mempertimbangkan masa kehamilan Malorie dan emosional film ini, produser merasa mimpi buruk Sandra harus yang seperti punya twisted, bayi iblis yang menyerangnya,” ujar Andy mulai mengungkap konsep makhluk tersebut.

Dia pun membuat 3 atau 4 varian desain sebelum salah satunya disetujui dan mendapat banyak sentuhan tambahan, hingga terlihat seperti monster. Ada juga revisi agar sedikit lebih halus.

“Aku juga sangat senang melukis prostetik akhir sebelum mengirimkannya pada mereka ke lokasi untuk dipakai oleh Dirk Rogers,” katanya lagi.

Andy pun mengaku membaca wawancara Bullock yang mendeskripsikan makhluk tersebut seperti pria hijau mirip ular dengan wajah bayi yang mengerikan. Banyak juga orang yang berspekulasi seperti apa visualisasinya, namun mereka gagal paham soal pria hijau mirip ular itu.

“Pria hijau seperti ular itu tak lain adalah Dirk dalam baju layar hijau spandex-nya. Semua dari leher sampai bawah dimaksudkan untuk ditambahkan tubuh CGI,” katanya.

Akhirnya tak muncul di film, Andy mengaku tak masalah. Berakhir di ruang editing, menurut Andy, adalah pilihan terbaik. Dia juga merasa senang bisa jadi bagian dari proyek Bird Box.

“Aku benar-benar suka film ini dan merasa memang lebih baik tidak menampilkan riasan (makhluk) tersebut,” tuturnya. (ria)

 

LEAVE A REPLY