ilustrasi suntik silikon

IDNEWS.CO.ID – Di dunia kecantikan, beragam prosedur tersedia untuk menyempurnakan wajah. Yang paling populer dan mudah dijangkau adalah suntik. Sayang, metode ini seringkali berujung masalah karena bahan yang digunakan bukanlah bahan yang diperuntukkan operasi plastik. Contohnya, silikon.

Sudah banyak kasus bermunculan mengenai efek mengerikan penggunaan silikon yang disuntikkan di wajah. Salah satu yang kini sedang hangat diperbincangkan adalah kasus silikon Mpok Atiek. Pemain sinetron yang terkenal latah itu memang mengaku pernah menjalani suntik silikon beberapa tahun lalu.

Efeknya pun bisa dilihat, wajahnya menjadi asimetris dan bengkak. Beberapa tahun berlalu, Mpok Atiek akhirnya membersihkan silikon yang bersarang di wajahnya dan menjalani operasi angkat silikon sebanyak 16 kali.

Meski murah dan memberikan hasil instan, jangan sekali-kali mencoba menggunakan silikon. Menurut badan obat dan makanan Amerika Serikat, FDA, silikon yang disuntikkan bisa berjalan ke seluruh tubuh dan menyebabkan konsekuensi kesehatan yang serius, termasuk kematian. Baca juga: Biar Makeup Flawless, Begini Cara Pilih Cushion yang Pas

“Silikon yang disuntikkan dalam jumlah besar untuk memperbaiki bentuk tubuh bisa menimbulkan zat mirip kerikil yang keras dan sakit, yang menetap secara permanen di bawah kulit,” tulis pernyataan FDA seperti dikutip laman Allure.

Jika silikon disuntikkan untuk memperbesar bokong, efeknya akan sangat berbahaya. Menurut FDA, ketika silikon disuntikkan ke area yang memiliki banyak pembuluh darah seperti bokong, silikon bisa berjalan ke dalam pembuluh darah itu ke bagian tubuh lain dan menyumbat pembuluh darah di paru-paru, jantung, atau otak. Hal itu bisa menyebabkan stroke dan bahkan kematian.

Jika memang prosedur estetik ini menjadi satu-satunya pilihan, sangat dianjurkan agar melakukannya dengan dokter yang tersertifikasi. Tentunya, dengan bahan filler yang sudah disetujui.

Ahli bedah plastik di Beverly Hills, Jaime S. Schwartz menyarankan, konsultasikanlah dengan dokter bedah plastik kamu tentang penggunaan silikon. Supaya, kamu benar-benar paham tentang manfaat dan risikonya sebelum berakhir dengan penyesalan. (nsa)

LEAVE A REPLY